Home Peristiwa Kapal Perang AS Berlayar Lewati Selat Taiwan ,Saat Perayaan Tiananmen

Kapal Perang AS Berlayar Lewati Selat Taiwan ,Saat Perayaan Tiananmen

KORDANEWS – Sebuah kapal perang Amerika Serikat berlayar melalui Selat Taiwan yang sensitif pada hari Kamis, kata militer dari AS dan Taiwan, pada hari yang sama dengan peringatan 31 tahun penumpasan berdarah China terhadap demonstran pro-demokrasi di dan sekitar Lapangan Tiananmen.

China, yang menganggap Taiwan yang memerintah sendiri sebagai wilayahnya, telah marah dengan meningkatnya dukungan untuk pulau demokrasi oleh administrasi Presiden AS Donald Trump – termasuk lebih banyak penjualan senjata dan patroli reguler AS.

Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan pada hari Jumat bahwa kapal perang AS telah melewati Selat Taiwan yang memisahkan pulau dari Cina, menuju selatan.

Angkatan bersenjata Taiwan memantau kapal dan menggambarkannya sebagai “misi biasa”, tambah kementerian itu, tanpa memberikan perincian lebih lanjut.

Armada Pasifik AS, dalam sebuah pos di halaman Facebook-nya, menyebut kapal itu sebagai USS Russell, kapal perusak kelas Arleigh Burke.

AS dalam beberapa bulan terakhir meningkatkan pelayarannya melalui Selat Taiwan, ke kemarahan Cina, menambah ketegangan atas segala sesuatu mulai dari tanggapan Beijing terhadap pandemi virus korona terhadap perdagangan dan hak asasi manusia. China telah meningkatkan manuvernya di Taiwan juga, baik di laut maupun di udara.

Acara-acara publik berlangsung di Taiwan dan Hong Kong yang dikuasai Cina pada hari Kamis untuk menandai peringatan Tiananmen 1989.

Pada hari Kamis, polisi merica menyemprotkan beberapa pengunjuk rasa Hong Kong yang menentang larangan untuk mengadakan demonstrasi cahaya lilin untuk mengenang penumpasan, menuduh Beijing juga mengekang kebebasan mereka.(Aljazeera)

Editor: John.W

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here