Home Peristiwa Tiga Tentara India Tewas di Ladakh ‘Saat Berhadapan’ Dengan China

Tiga Tentara India Tewas di Ladakh ‘Saat Berhadapan’ Dengan China

KORDANEWS – Tiga personil militer India, termasuk seorang perwira komandan, telah tewas dalam “pertempuran sengit” dengan tentara Cina di wilayah Himalaya di Ladakh, seorang juru bicara militer India mengatakan.

Militer Cina juga menderita korban dalam bentrokan itu, kepala editor surat kabar Global Times China mengatakan pada hari Selasa. Itu adalah konfrontasi pertama antara kedua raksasa Asia sejak 1975 di mana tentara tewas.

Berdasarkan apa yang saya tahu, pihak China juga menderita korban dalam bentrokan fisik Lembah Galwan, “kata Hu Xijin dalam tweet, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Insiden pada Senin malam itu menyusul berminggu-minggu meningkatnya ketegangan dan pengerahan ribuan pasukan tambahan dari kedua belah pihak di wilayah tersebut.

“Selama proses de-eskalasi sedang berlangsung di Lembah Galwan, sebuah pertempuran sengit terjadi kemarin malam dengan korban. Kehilangan nyawa di pihak India termasuk seorang perwira dan dua tentara,” kata jurubicara militer India dalam sebuah pernyataan.

“Pejabat militer senior kedua belah pihak saat ini bertemu di tempat itu untuk meredakan situasi,” kata pernyataan itu.

Ketegangan berkobar secara teratur antara kedua kekuatan regional di atas perbatasan 3.500 kilometer (2.200 mil) mereka, yang tidak pernah dibatasi dengan baik.

Ribuan tentara dari dua tetangga yang bersenjata nuklir, didukung oleh truk lapis baja dan artileri, telah terlibat dalam pertempuran terakhir sejak Mei di wilayah Ladakh, yang berbatasan dengan Tibet.

Para pejabat India mengatakan tentara Cina melintasi perbatasan di tiga titik berbeda, mendirikan tenda dan pos jaga dan mengabaikan peringatan lisan untuk pergi. Itu memicu korek api, melempar batu dan berkelahi.

Perwira dan diplomat Angkatan Darat telah mengadakan serangkaian pertemuan untuk mencoba mengakhiri kebuntuan, tanpa terobosan.

Dilaporkan dari New Delhi, Al Jazeera Elizabeth Puranam mengatakan menteri pertahanan India diperkirakan akan bertemu dengan para kepala pertahanan dan menteri urusan luar pada hari Selasa atas masalah ini.

“Kami memiliki dua pihak yang mengatakan bahwa mereka berusaha untuk memperburuk situasi. Kami telah mengadakan pertemuan sekitar 10 hari sekarang, namun kematian ini telah terjadi meskipun ada jaminan ini,” katanya.

China menuduh India melintasi perbatasan
Sementara itu, China menuduh India melintasi “perbatasan yang disengketakan” antara kedua negara, menurut sebuah laporan oleh kantor berita AFP.

Juru bicara kementerian luar negeri Zhao Lijian mengatakan pasukan India melintasi garis perbatasan dua kali pada hari Senin, “memprovokasi dan menyerang personil Tiongkok, mengakibatkan konfrontasi fisik yang serius antara pasukan perbatasan di kedua sisi”.

“Kami sekali lagi dengan sungguh-sungguh meminta agar India mengikuti sikap yang relevan dan menahan pasukan garis depan,” katanya. “Jangan melintasi perbatasan, jangan memprovokasi masalah, jangan mengambil tindakan sepihak yang akan memperumit situasi perbatasan.”

Beijing telah mengajukan “protes keras dan perwakilan khidmat” ke New Delhi, kata Lijian.

Dilaporkan dari Beijing, Al Jazeera, Katrina Yu, mengatakan Cina telah membantah “tanggung jawab apa pun yang menyebabkan perselisihan yang mengakibatkan kematian tiga tentara India”.

Pekan lalu, Cina mengatakan telah mencapai “konsensus positif” dengan India untuk menyelesaikan ketegangan perbatasan melalui saluran diplomatik dan militer. Yu mengatakan Lijian pada hari Selasa menuduh New Delhi “melanggar” konsensus itu.

“Lijian mengatakan pada 15 Juni, pihak India ‘mengejutkan’ melanggar konsensus ini sehingga dia cukup jelas menunjuk jari ke pihak India,” katanya.

“China telah membuatnya sangat jelas akan melakukan apa pun yang bisa dilakukan untuk melindungi kedaulatannya.”

Dalam sebuah pernyataan pekan lalu, kementerian luar negeri India mengatakan kedua pihak akan “melanjutkan militer dan diploma

Editor: John.W

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here