Home Entertainment Resep Sorbet, Camilan Segar Sehat yang Mudah Dibuat

Resep Sorbet, Camilan Segar Sehat yang Mudah Dibuat

KORDANEWS – Anda ingin mencari camilan yang segar dan manis tapi takut gemuk? Atau Anda sedang ngidam makanan pencuci mulut yang ringan tapi tetap kaya gizi? Anda bisa memilih sorbet. Sorbet adalah kudapan dingin yang mirip dengan es krim dan yogurt. Namun, tak seperti es krim dan yogurt yang berbahan dasar susu, sorbet dibuat dari jus, sari buah, atau air yang diberi perasa tertentu. Proses pengolahannya juga relatif lebih mudah.

Kudapan ini sudah dikenal sejak abad ke-16 di Timur Tengah, Eropa Timur, dan Asia. Sebelum es krim muncul, sorbet sudah menjadi pencuci mulut dingin favorit orang-orang. Sorbet juga dianggap lebih sehat daripada pesaingnya, yaitu es krim dan yogurt. Benarkah demikian? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Kandungan gizi sorbet
Dalam setiap sajian sorbet (satu cangkir), terdapat kandungan nutrisi yang berbeda-beda, tergantung pada bahan dasar yang digunakan untuk membuatnya. Sorbet sendiri bisa diolah dari berbagai macam buah segar atau cokelat. Rata-rata setiap satu cangkir mengandung 170 sampai 185 kalori. Kalori yang terdapat pada kudapan ini termasuk rendah jika dibandingkan dengan satu cangkir es krim yaitu 267 kalori atau satu cangkir frozen yogurt yaitu sebesar 214. Anda cukup berolahraga lari selama kira-kira 20 menit untuk membakar habis kalori yang Anda dapatkan dari kudapan segar ini.

Selain kandungan kalori yang lebih rendah, jumlah gula yang terdapat pada kudapan sehat ini juga relatif aman. Satu sajiannya atau sekitar 200 gram mengandung rata-rata 34 gram gula. Sementara itu, es krim dalam takaran yang sama menawarkan 44 gram gula dan yogurt dalam takaran yang sama mengandung 38 gram gula. Karena sorbet terbuat dari bahan-bahan asli tanpa campuran krim atau susu, rasanya pun masih manis alami sehingga tak perlu diberi pemanis tambahan.

Tak perlu khawatir dengan kandungan lemaknya. Kudapan dingin ini berbahan dasar buah-buahan sehingga tidak mengandung lemak jenuh sama sekali. Dibandingkan dengan es krim yang mengandung sekitar 14 gram lemak dalam setiap sajiannya, sorbet dan frozen yogurt memang lebih aman jika Anda sedang menghindari mengonsumsi makanan berlemak. Selain itu, sorbet juga mengandung berbagai vitamin dan mineral penting yang baik untuk tubuh Anda.

Resep sorbet stroberi
Mengolah kudapan manis ini cukup mudah. Anda bisa mencobanya sendiri di rumah dengan menyiapkan alat dan bahan berikut ini.

6 cangkir buah stroberi yang sudah dibekukan
¾ cangkir gula
3 sendok makan air lemon atau air jeruk nipis
1 cangkir air
Blender
Mesin es krim (ice cream maker)

Panaskan gula, air lemon, dan air di panci sambil diaduk hingga merata. Gunakan api sedang dan segera matikan setelah seluruh bahan larut, kira-kira 3 menit lamanya. Diamkan hingga dingin. Setelah itu, hancurkan stroberi yang sudah dibekukan bersama dengan larutan gula dengan blender. Pastikan stroberi dan larutan gula sudah tercampur rata menjadi adonan yang halus. Masukkan ke dalam kulkas dan dinginkan selama kurang lebih 4 jam atau semalaman penuh. Lalu, masukkan adonan dingin tersebut ke dalam mesin es krim dan ikuti petunjuk yang tertera pada mesin Anda. Sajikan dingin agar lebih nikmat.

Editor : John.W

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here