Home Health Begini Cara Berkendara Aman Bagi Bikers Dimasa Adaptasi Kebiasaan Baru

Begini Cara Berkendara Aman Bagi Bikers Dimasa Adaptasi Kebiasaan Baru

KORDANEWS-Para pengguna sepeda motor di beberapa daerah yang ada di Sumatera memasuki masa adaptasi kebiasaan baru atau new normal harus membiasakan diri dengan sejumlah kebiasaan baru yang perlu dicermati dan dilakukan saat berkendara sepeda motor di jalanan.
Hal ini disampaikan Muhammad Isnaini selaku Instruktur Safety Riding Astra Motor Sumatera Selatan kepada KordaNews mengatakan “Selain melaku kan perawatan dan pengecekan sepeda motor yang akan di kendarai terlebih dahulu para pengguna sepeda motor mempersiapkan perlengkapan berkendara atau riding gear yang akan di gunakan seperti Helm SNI, sarung tangan, celana panjang dan jaket.” ungkapnya. Senin (31/08)
Dikatakannya, dalam kondisi ini tambahan untuk pengguna sepeda motor harus memakai masker, dan di harapkan sebaiknya para pengguna sepeda motor membawa masker cadangan yang bertujuan untuk mengantisipasi apabila masker yang digunakan memjadi kotor atau basah saat berkendara, sehingga saat sampai ditujuan tetap dapat beraktivitas menggunakan masker dengan bersih, sehat dan nyaman.
Menurutnya, sebaiknya sebelum berkendara, lakukan pengecekan suhu tubuh untuk memastikan kondisi badan fit dan sehat, siap untuk berkendara. Jika suhu tubuh menunjukan 37 derajat atau lebih sebaiknya tidak berkativitas diluar rumah dan tidak diajurkan juga mengkonsumsi obat-obatan yang dapat  mengakibatkan ngantuk pada saat berkendara. Periksa kondisi sepeda motor terutama yang sudah lama tidak digunakan. Cek kondisi secara ringan seperti kebocoran oli, perhatikan kondisi dan tekanan ban, periksa sistem pengereman dan kopling serta lampu tetap berfungsi baik.
Sebaiknya  hindari penggunaan helm yang sama secara bergantian dan selalu gunakan visor saat berkendara guna mencegah benda asing masuk serta tidak mengusap mata saat dalam perjalanan. Tetapa Utamakan keselamatan. Dijelaskan kembali  bawah saat berkendara, selalu utamakan keselamatan di jalan baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Hindari berkendara melintasi wilayah-wilayah yang masih merupakan pusat pandemi atau teridentifikasi sebagai zona merah, dengan mencari jalur alternatif.
Lebih lanjut dikatakannya, usahakan saat berkendara, tetap cari aman, menjaga jarak dengan pengendara lainnya, serta hanya berboncengan dengan keluarga atau kerabat yang tinggal bersama dalam satu rumah. Dan diingatkan kembali setiap pengendara sepeda motor wajib mencuci tangan dan mencuci wajah dengan sabun setelah tiba di lokasi tujuan. Jika telah sampai rumah, upayakan mandi sebelum bertemu keluarga. Riding gear yang telah digunakan dapat disimpan di bagasi motor atau di tas tersendiri.
“Bila memungkinkan, lakukan penyemprotan disinfektan ke riding gear yang telah digunakan dan sarungkan motor dengan kain pelindung saat tidak digunakan agar tidak terpapar udara secara langsung, gunakan jaket dalam berkendara dan sarung tangan yang telah digunakan sebaiknya langsung dicuci atau disemprot desinfektan, sehingga mampu mengurangi potensi terpapar bakteri ataupun virus yang menempel. Keselamatan dan kesehatan para pengguna sepeda motor menjadi kunci utama untuk dapat beraktivitas dengan produktif pada masa adaptasi kebiasaan baru ini” tutupnya. (eh)
Editor : Chandra.
Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here