Home Ekonomi Harga Jual Terkerek, Petani Karet Lahat Makin Optimis

Harga Jual Terkerek, Petani Karet Lahat Makin Optimis

KORDANEWS – LAHAT – Kenaikan harga getah karet di Kecamatan Kikim Timur, Kabupaten Lahat disambut gembira oleh para petani karet. Kenaikan yang terjadi sejak akhir bulan ini membuat petani karet yang selama ini mengeluh mulai merasa ada harapan.
Salah seorang pekebun karet diwilayah Kikim Timur desa Palam Baja Hidayatullah (39) mengatakan, kenaikan harga getah karet ini membuat petani setempat bergairah kembali.
“ Setidaknya sudah ada titik terang karena saat ini harga karet terus mengalami kenaikan. Hanya saja akhir-akhir ini produksi getah karet kami masih rendah, sebagai dampak dari musim trek atau gugur daun,” katanya. Rabu (31/03/21)
Tambahnya Hampir rata-rata pekebun karet diwilayah Kikim Timur saat ini mengaku sangat antusias, apalagi saat tiba waktu menimbang getah karet itu.
“Kalau kemarin-kemarin itu harga karet memang selalu merosot, membuat kami dan petani lainnya seperti tidak ada harapan sama sekali. Tapi masuk Akhir bulan dan awaln bulan kami bahagia karena harga getah naik,” katanya lagi.
Sementara itu petani karet Jawin yang juga warga Palam Baja mengatakan, meskipun kenaikan harga getah karet tidak langsung melonjak, setidaknya dengan kenaikan harga itu membuat pekebun karet diwilayah desa Palam baja tersebut bersemangat kembali untuk mengolah kebunnya.
“Untuk harga saat ini sudah mencapai Rp.10500 /kg untuk kualitas yang bagus. Sedangkan kualitas biasa dihargai Rp.7800/kg. Mudah mudahan harga ini bisa bertahan dan kalau bisa bertambah naik lagi menyambut bulan ramadhan ini”,Ungkapnya.
Editor : Adm.
Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here