Home Health 6 Manfaat Berhenti Merokok yang Bisa Langsung Dirasakan

6 Manfaat Berhenti Merokok yang Bisa Langsung Dirasakan

KORDANEWS -Berhenti merokok merupakan keputusan yang tepat untuk Anda karena mampu mempu menghasilkan jutaan manfaat. Ya, menghentikan kebiasaan buruk tersebut dapat membuat perubahan yang besar pada kesehatan dan gaya hidup Anda. Selengkapnya, mari kita lihat berbagai keuntungan berhenti merokok berikut ini.

Apa saja manfaat berhenti merokok?
Manfaat berhenti merokok begitu banyak, yaitu membantu sebagian besar fungsi bagian tubuh Anda, dari otak hingga DNA. Simak penjelasannya berikut ini.

1. Membuat bernapas lebih mudah
Anda dapat bernapas lebih mudah dan lebih sedikit batuk jika Anda berhenti merokok.
Ini karena kapasitas paru-paru Anda akan meningkat hingga 10% dalam waktu sembilan bulan.
Pada usia 20-an dan 30-an, efek merokok pada kapasitas paru-paru mungkin tidak terlihat kecuali Anda mencoba untuk berlari.Namun, kapasitas paru-paru pada manusia tetap akan terus berkurang seiring bertambahnya usia.

2. Memberi energi lebih banyak
Manfaat berhenti merokok dalam waktu 2-12 minggu adalah dapat meningkatkan sirkulasi darah.
Hal ini dapat membuat semua aktivitas fisik, termasuk berjalan dan berlari, jauh lebih mudah.
Sistem kekebalan tubuh juga akan terdorong, sehingga Anda lebih mudah untuk melawan pilek dan flu.
Tak sampai di situ, peningkatan oksigen dalam tubuh juga dapay mengurangi kelelahan dan kemungkinan sakit kepala.

3. Mengurangi stres
Nikotin yang terdapat di rokok dapat meningkatkan stres. Jadi, pernyataan bahwa merokok dapat mengurangi stres adalah salah besar.Bahkan, studi ilmiah menunjukkan tingkat stres pada masyarakat yang berhenti merokok jauh lebih rendah dibandingkan mereka yang merokok.Jika Anda menyadari bahwa Anda rentan terhadap stres, gunakan cara yang sehat untuk menanganinya.

4. Meningkatkan kualitas hubungan seksual
Berhenti merokok akan meningkatkan aliran darah pada tubuh, sehingga dapat meningkatkan sensitivitas.Pria yang berhenti merokok bisa mendapatkan ereksi yang lebih baik, dan wanita dapat meningkatkan rangsangan sehingga orgasme lebih mudah.Banyak yang menyatakan bahwa orang yang tidak merokok lebih menarik di mata pasangan dibandingkan yang perokok.

5. Membuat kulit tampak lebih muda
Manfaat berhenti merokok telah dinyatakan dapat memperlambat penuaan wajah dan munculnya keriput.Kulit orang yang tidak merokok mendapatkan lebih banyak nutrisi, termasuk oksigen.Selain itu, berhenti merokok juga dapat mengembalikan kulit pucat dan kerutan yang sering dimiliki oleh perokok.

6. Menghilangkan kecanduan
Mantap berhenti merokok berarti membuat Anda terhindar dari kecanduan yang merugikan. Rasa candu berarti Anda memiliki keinginan yang intens meski mengetahui konsekuensinya.Ketika Anda memutuskan untuk berhenti merokok, fungsi tubuh akan berfungsi normal. Ini termasuk otak yang mengatur rasa ketagihan Anda terhadap rokok.

Setelah satu bulan berhenti merokok, reseptor nikotin yang ada di otak akan kembali normal. Anda pun tidak akan merasa ketergantungan lagi dengan tokok.Pria yang berhenti merokok pada usia 30 tahun dapat memperpanjang hidup mereka 10 tahun. Orang yang berhenti merokok pada usia 60 tahun dapat memperpanjang hidup sebanyak tiga tahun.

Menjadi bebas dari asap rokok tidak hanya dapat memperpanjang hidup Anda, tetapi juga dapat meningkatkan peluang untuk masa tua yang bebas dari penyakit, dan bahagia.

Editor : John.W

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here