Home Health Ini 7 Manfaat Jus Pisang untuk Kesehatan Tubuh

Ini 7 Manfaat Jus Pisang untuk Kesehatan Tubuh

KORDANEWS -Pisang adalah salah satu buah yang sangat familiar di lidah orang Indonesia. Kelezatan dan kandungan nutrisinya juga tidak perlu diragukan lagi. Selain dikonsumsi langsung, buah ini juga bisa diolah menjadi jus yang lezat. Ditambah lagi, ada segudang manfaat jus pisang yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Apa saja manfaat yang bisa kita nikmati?

7 manfaat jus pisang yang menyehatkan
Dikutip SehatQ.com,jus pisang memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk sistem pencernaan, kesehatan jantung, dan membantu menurunkan berat badan. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut adalah berbagai manfaat jus pisang untuk kesehatan tubuh kita.

1. Menjaga tekanan darah
Jus pisang mengandung kalium, yaitu sebuah mineral yang dipercaya ampuh menjaga tekanan darah. Manfaat ini didapatkan berkat peran kalium sebagai vasodilator atau melebarkan pembuluh darah.
Selain itu, kalium yang dikandung jus pisang diyakini mampu menjaga tubuh dari hipertensi, serangan jantung, stroke, serta aterosklerosis.
Dilansir dari Organic Facts, satu buah pisang sudah mengandung 10 persen angka kecukupan gizi (AKG) kalium harian Anda.

2. Mengatasi stres dan gangguan kecemasan
Manfaat jus pisang lainnya yang tidak boleh diremehkan adalah mengatasi stres dan gangguan kecemasan.
Selain kalium, jus pisang juga mengandung triptofan. Saat kalium dan triptofan bekerja sama, keduanya dapat meningkatkan suasana hati Anda sehingga meredakan gejala stres dan gangguan kecemasan.

3. Meningkatkan energi tubuh
Sedang merasa lesu dan tidak bertenaga? Cobalah konsumsi jus pisang. Menurut sebuah riset, terdapat beberapa jenis gula alami di dalam jus pisang yang bisa langsung diproses oleh tubuh menjadi energi.
Artinya, satu buah pisang sudah bisa memberikan energi bagi tubuh Anda. Bayangkan jika Anda mengonsumsi 2-3 pisang di dalam satu jusnya.

4. Membuang racun dari dalam tubuh
Jus pisang dipercaya ampuh untuk membersihkan tubuh dari racun. Manfaat jus pisang ini berasal dari kandungan seratnya yang baik untuk sistem pencernaan dan vitamin B6 yang dianggap ampuh untuk mengontrol kadar racun di dalam tubuh. Kedua faktor ini membuat jus pisang dipercaya bisa mendetoksifikasi tubuh kita.
Ditambah lagi, jus pisang juga dinilai mampu merangsang fungsi hati dan ginjal sehingga garam, racun, dan lemak dapat dikeluarkan dari tubuh.

5. Memperkuat sistem imun
Menurut sebuah penelitian, kandungan vitamin C dan berbagai vitamin B di dalam jus pisang dapat membantu memperkuat sistem imun.
Vitamin C yang dikandung jus pisang bahkan juga mampu merangsang produksi sel darah putih dan bertindak sebagai antioksidan untuk mengurangi stres oksidatif serta radikal bebas di dalam tubuh.

6. Meningkatkan kepadatan mineral di dalam tulang
Beberapa jenis gula yang dikandung jus pisang dipercaya bisa membantu penyerapan nutrisi di dalam tubuh, terutama mineral.
Selain mengandung berbagai mineral penting, seperti magnesium, mangan, dan kalium, manfaat jus pisang diyakini bisa meningkatkan kepadatan mineral di dalam tulang dan mencegah osteoporosis seiring bertambahnya usia.

7. Menyehatkan jantung
Selain menjaga tekanan darah, manfaat jus pisang lainnya yang potensial adalah menyehatkan organ jantung. Kandungan kaliumnya memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan jantung.
Sebuah penelitian membuktikan, mereka yang rutin mengonsumsi kalium dalam pola makannya mampu menurunkan risiko penyakit jantung sebanyak 27 persen.

Selain itu, manfaat jus pisang ini juga datang dari kandungan magnesiumnya karena mineral ini juga berperan penting untuk kesehatan jantung.

Editor :John.W

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here