Home Health Manfaat Labu Air Yang Bermanfaat Untuk Tubuh Kita

Manfaat Labu Air Yang Bermanfaat Untuk Tubuh Kita

KORDANEWS – Labu air adalah salah satu jenis labu yang banyak digunakan sebagai bahan kuliner di daerah tropis dan beriklim sedang. Ada banyak klaim manfaat labu air yang beredar di masyarakat. Berkat berbagai manfaat tersebut, labu ini bahkan dinobatkan sebagai miracle fruit alias buah ajaib di Filipina.

Labu air sebenarnya bukan buah, melainkan jenis sayur-mayur dari keluarga Cucurbita. Akan tetapi, labu ini kadung dikenal di mana-mana dengan sebutan buah labu air, buah kukuk, hingga labu botol. Labu air memiliki warna hijau terang seperti kelapa muda. Beberapa jenis labu ini bentuknya panjang, tapi ada juga yang mirip seperti buah pir atau kendi.

Dilansir dari SehatQ.com buah kukuk memiliki kalori yang rendah dan tidak mengandung kolesterol. Labu ini juga mudah dicerna dan menjadi sumber berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Ada pula kandungan folat, vitamin C, dan berbagai antioksidan alami lain yang memperkaya manfaat labu air.

Berikut adalah sejumlah potensi manfaat labu air bagi kesehatan tubuh kita.

1. Menurunkan berat badan dan menyehatkan pencernaan
Buah labu air bisa menjadi makanan yang tepat jika Anda ingin menurunkan berat badan. Buah ini rendah kalori dan kolesterol, tapi kaya akan serat dan air sehingga mudah dicerna, membuat kenyang lebih lama, serta dapat melancarkan pencernaan.
Selain itu, manfaat labu air yang tidak kalah penting adalah membantu mengatasi berbagai gangguan pencernaan, seperti asam lambung naik, radang usus, diare, dan sembelit.

2. Mendinginkan tubuh
Kandungan air di dalam buah kukuk dapat memberikan efek mendinginkan tubuh dan menjaga tubuh tetap terhidrasi. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk minum jus labu air saat musim panas atau setelah banyak berkeringat untuk membantu menggantikan cairan yang hilang.
Ada pula anggapan bahwa manfaat labu air dapat membantu mencegah penyakit yang berhubungan dengan panas tubuh, misalnya mimisan, jerawat, atau bisul.

3. Mengobati infeksi saluran kemih
Dalam pengobatan tradisional India, perasan labu air yang dicampur dengan sedikit perasan jeruk nipis dianggap sebagai salah satu obat alami infeksi saluran kemih yang dipercaya secara turun-temurun. Meski demikian, belum ada bukti ilmiah yang dapat mendukung klaim manfaat labu air ini.

4. Menjaga kesehatan jantung
Mengonsumsi jus labu air secara teratur setiap pagi saat perut kosong, dipercaya bisa membantu menurunkan kadar kolesterol darah dan menjaga kesehatan jantung.
Klaim manfaat labu air ini juga belum bisa dibuktikan secara ilmiah dan hanya berdasarkan pada kandungan kaliumnya yang tinggi.

5. Meredakan stres
Buah labu air mengandung kolin, yaitu sejenis neurotransmitter yang membantu meningkatkan fungsi otak dan mencegah stres, depresi, serta berbagai gangguan mental lainnya.

6. Berpotensi mengontrol diabetes
Sebuah studi pada hewan yang dilakukan di Filipina menemukan adanya manfaat labu air untuk diabetes, tepatnya membantu menurunkan kadar gula dalam darah.
Meski temuan ini menunjukkan potensi buah labu air untuk mengontrol diabetes, penelitian lebih lanjut pada manusia diperlukan untuk membuktikan klaimnya.

7. Berpotensi mengobati kanker
Dilansir dari Business Mirror Filipina, studi yang dilakukan sejumlah mahasiswa Notre Dame of Dadiangas University menunjukkan bahwa ada manfaat dari ekstrak labu air dalam mencegah perkembangan pembuluh darah baru. Temuan ini dianggap berpotensi menghambat pertumbuhan sel kanker.

Buah kukuk atau labu air mengandung banyak sekali zat antioksidan kuat, misalnya flavonoid. Zat ini bersifat antiangiogenesis, yaitu dapat membatasi asupan nutrisi bagi sel kanker sehingga mencegahnya berkembang.

Itulah sejumlah potensi manfaat labu air bagi kesehatan. Meski sebagian besar belum terbukti secara ilmiah, tidak ada salahnya untuk mencoba mengonsumsi jenis labu ini. Namun, jangan mengonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan, ya!

Editor :Jhon.W

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here