Home Health Daun Singkong untuk Kesehatan, Anda Wajib Tahu

Daun Singkong untuk Kesehatan, Anda Wajib Tahu

KORDANEWS – Manfaat daun singkong tidak hanya menambah citarasa pada makanan, seperti pecel atau gulai.Nah, siapa yang sangka di balik rasanya yang enak tersebut, manfaat daun singkong bagi kesehatan juga tidak bisa dipandang sebelah mata.
Berdasarkan artikel SehatQ.com,kandungan daun singkong atau daun sampeu sangat kaya akan nutrisi, bahkan melebihi tanaman lain seperti bayam.

Daun singkong ternyata merupakan sumber protein yang cukup tinggi, serta kaya akan serat. Selain tinggi protein, daun ketela pohon juga mengandung vitamin B1, B2, C, karotenoid, dan 109 mineral lainnya, seperti fosfor, magnesium, potasium, dan kalsium.
Dikutip dari Data Komposisi Pangan Indonesia, dalam 100 gram daun singkong rebus, kalorinya sebesar 31 kkal.

Manfaat daun singkong bagi kesehatan
Berdasarkan kandungan tersebut, khasiat daun singkong untuk kesehatan antara lain adalah:

1. Sebagai pelancar ASI
Manfaat sayur daun singkong dapat dirasakan oleh ibu menyusui karena daun ini dipercaya bisa meningkatkan produksi air susu ibu (ASI). Kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalamnya juga dapat meningkatkan kualitas ASI itu sendiri.

2. Mencegah gizi buruk
Meski sayur daun singkong tergolong sebagai makanan sederhana, manfaat makan daun singkong membantu memenuhi kebutuhan gizi.
Hidangan ini mengandung total asam amino esensial yang mirip dengan jumlah protein pada telur ayam. Bahkan, dibandingkan bahan makanan lain, seperti bayam, kacang kedelai, oat, dan beras, asam amino esensial pada daun singkong terbukti lebih tinggi.

3. Melancarkan buang air besar
Kandungan serat di dalam daun singkong bermanfaat untuk melunakkan feses sehingga Anda tidak akan mengalami konstipasi. Sebaliknya, serat juga dapat memadatkan feses jika Anda mengalami diare.

4. Menurunkan kadar kolesterol
Manfaat daun singkong ini masih berhubungan dengan serat. Mengonsumsi daun singkong pada batas tertentu dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam darah.
Studi juga mencatat bahwa makanan yang kaya akan serat juga dapat menyehatkan jantung, mengurangi peradangan, dan menurunkan tekanan darah. Namun tetap jangan dikombinasikan dengan santan atau olahan makanan lain yang justru akan menyebabkan kolesterol meningkat.

5. Menstabilkan kadar gula darah
Pada penderita diabetes, kandungan serat dalam daun singkong dapat memperlambat penyerapan gula yang terkandung di dalam makanan sehingga kadar gula darah menjadi lebih stabil.
Rutin mengonsumsi sayur daun singkong juga dapat menurunkan risiko Anda terkena diabetes tipe 2.

6. Mencegah kanker
Daun singkong juga mengandung zat antioksidan, yakni polifenol, yang salah satu fungsinya adalah mencegah kanker. Selain itu, konsumsi makanan yang kaya akan antioksidan juga dapat menurunkan risiko penyakit tertentu, misalnya sakit jantung.

7. Membantu proses regenerasi sel
Sel tubuh harus melakukan regenerasi agar kesehatan tubuh dapat terjaga. Nah, rupanya, manfaat daun singkong dapat mempercepat regenerasi sel tubuh. Sebab, daun singkong kaya asam amino esensial yang membantu memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak.

Manfaat daun singkong untuk ibu hamil
Manfaat daun singkong untuk ibu hamil terbilang banyak karena di dalamnya mengandung berbagai zat dan nutrisi penting bagi kehamilan, seperti zat besi, asam folat, dan vitamin C.

1. Mencegah anemia
Manfaat daun singkong untuk ibu hamil adalah sebagai sumber zat besi. Zat besi berfungsi untuk meningkatkan pasokan oksigen dalam darah dan mencegah anemia dan baik dikonsumsi untuk ibu hamil.
Pada masa kehamilan, pasokan darah dan oksigen harus ditingkatkan untuk memenuhi kebutuhan oksigen dan nutrisi bagi janin dalam kandungan. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia, yang merupakan masalah kesehatan umum pada ibu hamil.

2. Mencegah gangguan perkembangan janin
Daun singkong merupakan sayuran hijau yang kaya akan asam folat. Zat yang satu ini sangat penting untuk mencegah terjadinya gangguan perkembangan janin.

3. Meningkatkan sistem imun tubuh dan menjaga kesehatan janin
Manfaat daun singkong untuk ibu hamil selanjutnya adalah sebagai sumber vitamin C dan folat yang sangat dibutuhkan oleh ibu dan janin yang dikandungannya. Vitamin C bermanfaat untuk menjaga sistem imun tubuh sekaligus antioksidan.
Vitamin C pada daun singkong berperan dalam menjaga kesehatan sel dan mencegah terjadinya infeksi yang rentan dialami oleh ibu hamil. Vitamin ini juga dapat mendukung perkembangan janin yang sehat.

Waspada efek samping daun singkong
Meski manfaat daun singkong sangat banyak untuk kesehatan, Anda juga perlu waspada karena tanaman singkong pada umumnya mengandung racun sianda yang justru berbahaya bagi kesehatan. Beberapa bahaya daun singkong akibat keracunan mungkin terjadi, antara lain:

Kelumpuhan pada kaki
Penurunan kadar iodine di dalam tubuh.
Penyakit gondok.
Tropical ataxic neuropathy (TAN), yakni munculnya rasa kebas pada tangan, penglihatan kabur, lemah, sulit berjalan, dan kesemutan pada kaki. Kondisi ini biasanya dialami oleh orang tua.

Gejala keracunan seperti mual dan muntah hebat, bahkan hingga meninggal dunia.
Selain itu, tanaman singkong juga dapat menyerap polusi di sekitarnya sehingga tidak jarang ia juga mengandung polutan. Namun, racun ini sebetulnya mudah dinetralisasi dengan pengolahan daun singkong yang tepat.

Editor :John.W

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here