Home Health Nutrisi Otak untuk Penderita Stroke dan Cara Memilihnya yang Tepat

Nutrisi Otak untuk Penderita Stroke dan Cara Memilihnya yang Tepat

KORDANEWS – Hidup akan banyak berubah saat Anda menderita stroke. Bukan hanya aktivitas, Anda pun harus mengubah pola makan. Anda harus memerhatikan nutrisi otak untuk penderita stroke demi menunjang penyembuhan.Memulai gaya hidup yang lebih sehat bisa mencegah stroke datang lagi. Untuk itu, cari tahu nutrisi apa saja yang dibutuhkan oleh penderita stroke di bawah ini.

Pentingnya menjaga nutrisi otak untuk penderita stroke
Dikutip Sehatq.com Stroke terjadi saat aliran darah ke otak berkurang secara tiba-tiba. Hal ini menyebabkan kerusakan pada otak. Ditambah lagi, penderita stroke punya kondisi medis yang mendasari kondisinya, seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan demensia.

Memilih makanan jadi kunci untuk pemulihan penyakit stroke. Makanan sehat untuk penderita stroke akan membantu menjaga tubuh tetap fit. Para penderita stroke bisa mengontrol berat badan, menjaga tekanan darah, dan pastinya menurunkan risiko untuk kembali terkena stroke.

Berkonsultasilah dengan dokter gizi dalam hal ini. Pasalnya, setiap orang akan memiliki gaya diet yang berbeda untuk penyembuhan. Namun, tetap ada pola diet yang dianjurkan untuk penderita stroke.

Mengontrol berat badan penderita stroke bisa dilakukan dengan memilih makanan yang tepat. Para penderita stroke atau mereka dalam pemulihan perlu memperbanyak konsumsi sayuran hijau. Pilihan buah beri jadi salah satu makanan yang juga perlu dikonsumsi.

Nutrisi dan vitamin untuk penyembuhan stroke
Ada beberapa nutrisi yang sebaiknya dipenuhi setiap hari oleh para penderita stroke. Berikut daftarnya:

1. Asam folat, vitamin B6, dan B12
Asam amino homosistein yang tinggi bisa meningkatkan risiko stroke. Beberapa pilihan vitamin B bisa membantu memecah asam amino homosistein agar kadarnya hanya tersisa sedikit di tubuh.

2. Betain
Nutrisi ini bisa didapat dalam gula bit atau suplemen makanan lainnya. Betain juga bisa membantu menurunkan asam homosistein penyebab stroke.

3. Vitamin C
Vitamin C adalah nutrisi otak untuk penderita stroke yang menunjang penyembuhan
Vitamin C bisa didapatkan dari sayuran dan buah
Selain meningkatkan sistem imunitas, vitamin C juga bisa membantu memperbaiki kerusakan pembuluh darah. Vitamin ini pun dapat mengurangi penumpukan plak di dalam arteri.

4. Vitamin D
Kekurangan vitamin D bisa berisiko mengalami penyumbatan aliran darah. Untuk itu, penderita stroke perlu rutin mengonsumsi vitamin D dengan dosis yang dianjurkan oleh dokter.

5. Vitamin E
Mengonsumsi vitamin E bisa membantu pemulihan kerusakan yang ada di otak. Vitamin E bisa membantu meredakan gangguan memori pada otak akibat stroke.

6. Omega-3
Asam lemak omega-3 bisa mencegah kerusakan sel yang mungkin terjadi pada penderita stroke.

7. Magnesium
Nutrisi ini dibutuhkan untuk menurunkan tekanan darah.

Editor : John.W

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here