Home Health Jenis Sayuran Hijau: Sehat dan Bugar Setiap Hari

Jenis Sayuran Hijau: Sehat dan Bugar Setiap Hari

KORDANEWS – Sepertinya anda sudah pada tahu benar kalau makan sayuran sangatlah baik untuk kesehatan. Banyak vitamin, mineral dan serat yang terutama terdapat di sayuran hijau guna mendukung kebutuhan nutrisi harian.

Rutin mengonsumsi sayur-mayur juga mengurangi risiko terserang penyakit berbahaya. Seperti gangguan jantung, hipertensi dan sebagainya. Selain itu, sistem kekebalan yang kuat juga menjadi kunci dalam menangkal kuman maupun radikal bebas yang mengancam kesehatan.

Topads Banner
Jenis Sayuran Hijau yang Baik untuk Kesehatan
Lantas, apa saja jenis sayuran hijau yang enak dan baik dikonsumsi untuk mendukung kesehatan serta kebugaran tubuh kita? Simak daftar selengkapnya berikut ini:

1. Kale
Sayuran hijau yang pertama adalah kale. Banyak sekali vitamin yang bisa Toppers dapatkan dari mengonsumsi sayuran hijau yang satu ini, lho. Mulai dari vitamin K, vitamin A, vitamin B6, sampai vitamin C.

Selain vitamin, kale juga mengandung antioksidan seperti betakaroten dan lutein yang dapat mengurangi risiko penyakit yang diakibatkan oleh stres oksidatif. Cara mengonsumsi kale yang paling sehat adalah dengan dikonsumsi mentah.

2. Bayam
Bayam merupakan salah satu sayuran hijau paling umum di Indonesia. Dapat dimasak dengan berbagai cara seperti dibuat sup bening, dibuat sayur bobor, ataupun ditumis ala Korea, bayam adalah salah satu sayuran hijau favorit banyak orang.

Ternyata, dibalik kepopularitasan itu, bayam menyimpan banyak manfaat kesehatan. Kandungan yang bermanfaat yang terdapat pada bayam antara lain adalah vitamin K, vitamin A, asam folat dan zat besi.

3. Kubis
sayuran hijau
Kubis atau kol juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan Toppers. Sayur kubis mengandung vitamin, mineral dan serat yang akan memberi manfaat untuk kesehatan kamu. Vitamin C yang terdapat pada kol tergolong tinggi sebagai sayuran, lho!

4. Arugula
sayuran hijau
Toppers tahu tidak, bahwa arugula itu 90% air! Jadi, sayuran ini cocok banget untuk membantu menghidrasi kembali tubuh kamu. Sayuran ini pun memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang!

5. Bok Choy
Mineral selenium yang terkandung pada sayur bok choy berperan besar untuk daya tahan tubuh, fungsi kognitif, metabolisme, dan juga pencegahan kanker.

Sebuah studi menunjukkan asosiasi dari rendahnya kadar selenium dengan beberapa kondisi seperti pembesaran kelenjar tiroid, hypothyroidism, dan autoimmune thyroiditis. Maka itu, anda bisa memenuhi kebutuhan selenium dengan mengonsumsi sayur yang satu ini.

Editor :John.W

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here