Home Ekonomi BI Sumsel Gelar Semarak UMKM (Seru) Sriwijaya 2021

BI Sumsel Gelar Semarak UMKM (Seru) Sriwijaya 2021

KORDANEWS-Sejak Pandemi COVID-19 di Indonesia yang mulai menyebar pada bulan Maret 2020 hingga saat ini telah memengaruhi banyak sendi kehidupan masyarakat, tidak terkecuali pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Untuk mendukung pemulihan kinerja UMKM, setiap lembaga terkait dan instansi pemerintah harus bersinergi. Sebagai bentuk kontribusi nyata dalam pengembangan UMKM serta membangun sinergi dengan seluruh stakeholders antara lain pemerintah daerah, Dekranasda Sumatera Selatan serta para penggiat dan pelaku UMKM, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan menyelenggarakan kegiatan tahunan yaitu Semarak UMKM (Seru) Sriwijaya dengan tema “Sinergi Bangkitkan UMKM, Sumsel Maju untuk Semua Menuju Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”.

Hal ini disampaikan Hari Wibowo selaku Kepala Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan mengatakan “Seru Sriwijaya menjadi bagian dari dukungan nyata Bank Indonesia terhadap Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) serta dalam rangka mendukung Karya Kreatif Indonesia (KKI) yang acara puncaknya telah dilakukan pada akhir bulan September 2021. Sementara Seru Sriwijaya merupakan puncak dari serangkaian kegiatan pengembangan UMKM oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan. Mulai dari pengembangan UMKM level Subsistence sampai dengan UMKM Go Digital dan Go Export, Business Matching Pembiayaan, dan Pengembangan klaster ketahanan pangan” ungkapnya Jum’at (22/10/21)

Dikatakannya, Seru Sriwijaya 2021 juga akan memperkenalkan produk-produk unggulan UMKM Sumatera Selatan baik melalui pameran secara offline maupun online yang dapat diakses pada website www.serusriwijaya.com. Serangkaian webinar juga disuguhkan untuk membuka wawasan UMKM untuk mendukung langkah ke depan menuju UMKM Go Digital dan Go Export.
Mempertimbangkan perkembangan kasus COVID-19 dan status Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Sumatera Selatan yang saat ini berada di level 2, rangkaian kegiatan Seru Sriwiaya 2021 akan dilaksanakan secara hybrid. Adapun rangkaian kegiatan webinar dalam kegiatan Seru Sriwijaya 2021 terdiri dari:
Opening Ceremony Seru Sriwijaya 2021
Kegiatan dilaksanakan pada Senin, 25 Oktober 2021 pukul 09.00-12.00 WIB dengan menghadirkan berbagai tokoh-tokoh, seperti Gubernur Sumatera Selatan, H.Herman Deru, S.H., M.M., Ketua Dekranasda Sumatera Selatan, Hj. Febrita Lustia Herman Deru, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga S. Uno, dan Menteri Koperasi dan UKM RI, Teten Masduki. Selain itu kegiatan juga dihadiri oleh Deputi Gubernur Bank Indonesia, Rosmaya Hadi. Kegiatan pembukaan Seru Sriwijaya ini akan dimeriahkan oleh penampilan penyanyi Marcell Siahaan, yang akan dikolaborasikan dengan fashion show dari para desainer muda Sumatera Selatan yang telah mengikuti program workshop pengembangan Wastra Unggulan Sumatera Selatan, kerja sama Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan, Dekranasda Provinsi Sumatera Selatan dan desainer nasional, Wignyo Rahadi.
Webinar UMKM Go Ekspor “Menjadi Andal di Pasar Global” Webinar akan diselenggarakan pada Senin, 25 Oktober 2021 pada pukul 14.00 – 16.30 dengan narasumber kurator fashion nasional, Lisa Fitriani, dan kurator kriya nasional, Bernardus Arwin. Webinar bertujuan membuka wawasan UMKM mengenai tantangan dan peluang pasar ekspor bagi produk Indonesia serta memberikan pengetahuan tentang strategi merintis dan mengembangkan bisnis untuk menembus pasar ekspor. Webinar UMKM Fashion “Strategi Bisnis Fashion: Lika Liku Menjadi Laku” Untuk memberikan gambaran mengenai tantangan dan peluang bisnis fashion di masa pandemi, salah satu rangkaian webinar yang diselenggarakan adalah mengenai “Strategi Bisnis Fashion: Lika Liku Menjadi Laku”. Webinar ini akan diselenggarakan pada Selasa, 26 Oktober 2021 pukul 09.30 – 12.00 dengan menghadirkan berbagai narasumber yang kompeten di bidangnya, seperti Ria Miranda dan Muhamad Pandu Rosadi selaku pemilik brand fashion Ria Miranda dan Yukka Harlanda selaku pemilik brand fashion Brodo, Diskusi akan makin menarik dipandu oleh moderator Nycta Gina.
Webinar UMKM Food “Bisnis Masa Kini: Tea or Coffee”

“Kegiatan ini akan dilaksanakan pada Rabu, 27 Oktober 2021 pukul 09.00 -12.00 WIB. Melalui webinar ini, diharapkan para peserta dapat memahami tantangan dan peluang di era pandemi dan era digital, serta menggali potensi pasar dengan ide/inovasi baru. Narasumber dalam kegiatan antara lain pemilik Es Teh Indonesia, Haidhar Wurjanto, dan pemilik Kopi Soe dan COO Menantea, Sylvia Surya. Sebagai moderator webinar, hadir Ronal Surapradja yang akan memandu jalannya diskusi. Tidak hanya rangkaian webinar dan talkshow, dalam pelaksanaan Seru Sriwijaya juga diadakan lomba Kurasi UMKM Go Export kepada UMKM berbasis fashion dan kriya di Sumatera Selatan. Lomba dilaksanakan dengan tujuan utama untuk melakukan seleksi UMKM berpotensi ekspor dengan melibatkan kurator yang kompeten di bidang kurasi produk sebagai juri. Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan mengajak seluruh masyarakat dimanapun berada untuk mengikuti kegiatan Seru Sriwijaya 2021 ini, mengingat kegiatan dilaksanakan secara virtual sehingga tidak terbatas ruang.” tambahnya.

Lebih lanjut dikatakannya, masyarakat yang ingin mengikuti kegiatan dapat mengakses zoom meeting dengan meeting ID 889 0550 9063, dengan password seru2021. Kegiatan juga dapat disaksikan secara live melalui youtube dan Instagram channel Bank Indonesia Sumatera Selatan. Ke depan, untuk meningkatkan peran dan kontribusi UMKM bagi perekonomian, diperlukan peran aktif semua pihak, baik pembuat kebijakan, pelaku ekonomi maupun dunia pendidikan.

“Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan juga akan senantiasa melakukan sinergi dan koordinasi dengan berbagai pihak terkait untuk memajukan UMKM di wilayah Sumatera Selatan, dengan harapan UMKM dapat bertahan ditengah pandemi COVID-19 dan bahkan tumbuh menjadi kekuatan ekonomi baru daerah.” tutup nya. (eh)

Editor : Admin.

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here