Home Headline Survei Populi Center Kans Politik Herman Deru Kian Tak Terbendung

Survei Populi Center Kans Politik Herman Deru Kian Tak Terbendung

Kordanews –  Herman Deru  semakin tak terbendung  dalam kontestasi politik pemilihan Gubernur Sumatera Selatan di tahun 2024 mendatang.  Sosok  Herman Deru yang juga sebagai Ketua DPW Partai Nasdem Sumsel ini dinilai tetap  memiliki kans paling besar untuk  kembali menjadi kursi orang nomor satu di Sumsel.

Berdasarkan hasil Survei yang diselenggarakan Populi  Center,  di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) mulai tanggal 9 hingga 15 Oktober 2021, secara umum tingkat kepuasan masyarakat  Sumsel  terhadap  kepemimpinan  Gubernur dan  Wakil  Gubernur  Sumsel  relatif  tinggi. Rata-rata tingkat kepuasan ini ada pada angka 7,58 dari skala 1-10 dan akumulasi skor 6-10 (positif/puas) sebesar 79,9 persen.

Mayoritas masyarakat Sumsel puas terhadap kinerja pemerintahan Pemprov Sumsel. Dari 800 responden  yang  diwawancarai,  sebesar 68,0  persen  mengaku puas (5,5 persen sangat puas,  62,5 persen puas) dengan kinerja Pemprov Sumsel.

Sementara sebesar 18,0 persen mengaku tidak puas (17,4 persen tidak puas, 0,6 persen sangat tidak puas), sebesar 11,8 persen menyatakan biasa saja, dan sisanya sebesar 2,3 persen tidak menyatakan pendapatnya.

Ketika responden ditanya calon manakah yang akan dipilih, sebesar 52,3 persen menjawab gubernur saat ini, disusul sebesar 32,5 persen menjawab calon/tokoh baru, dan sebesar 3,9 persen menjawab wakil gubernur saat ini. Sebesar 11,4 persen responden tidak menyatakan pendapatnya.

Hasil  survei  menunjukkan  bahwa  Herman  Deru  merupakan  sosok  paling  populer. Sebesar 96,6 persen responden menjawab mengenal Herman Deru, disusul Syahrial Oesman (73,5 persen), Dodi Reza Alex Noerdin (70,5 persen), Mawardi Yahya (58,3persen), dan Eddy Santana Putra (55,9 persen). Adapun popularitas tokoh lainnya berada di bawah 40 persen.

Sosok  Herman  Deru  unggul  dalam  semua  kategori  pertanyaan  akseptabilitas dibandingkan 12 tokoh lainnya, kategori tersebut meliputi bersih dari korupsi (30,5 persen), paling  berani memberantas korupsi (32,1 persen), paling mampu memimpin (48,4 persen), paling membawa perbaikan (42,5 persen), paling taat beragama (34,6 persen), paling tegas (44,4 persen), paling sering diperbincangkan (43,1 persen), paling layak (46,9 persen), paling sering dibaca di koran (27,1 persen), paling sering ditonton di televisi (44,1 persen), dan paling disukai (48,8 persen).

“Masyarakat banyak memilih Herman Deru apabila pemilihan gubernur diadakan hari ini. Dalam pertanyaan terbuka apabila pemilihan gubernur dilakukan hari ini, sebesar 41,4 persen menjawab Herman Deru, disusul Alex Noerdin (4,8 persen), Giri Ramanda Kiemas (4,0 persen), Eddy  Santana Putra (2,1 persen), dan Dodi Reza Alex Noerdin (2,0 persen). Adapun nama lain memperoleh persentase di bawah 2 persen,” tandasnya.

Sementara itu, Merespon perkembangan politik di Sumsel saat ini, Pengamat Politik Dr Tarech Rasyid turut memberikan komentar ihwal persaingan perebutan kursi Sumsel  di Pilgub 2024.

Menurut Tarech Rasyid, hasil survei yang dilakukan Populi Center terhadap kinerja Herman Deru dan Mawardi Yahya (HDMY) turut menjadi perhatian masyarakat Sumsel.

Hal ini tidak terlepas untuk melihat bagaimana kiprah sang pertahana yang dipastikan akan kembali mencalonkan diri kembali.

Tarech Rasyid menilai, Populi Centre merupakan lembaga survei yang boleh dibilang kredibel. Dia mengaku, telah mengenal lembaga ini saat masih dipimpin oleh almarhum Dr. Hikmat Budiman yang dikenal sebagai intelektual dan ilmuwan Sosial Indonesia.

“Integritas penulis Buku “Lubang Hitam Kebudayaan” dan aktivis NGO ini tak perlu diragukan lagi. Sekarang Populi centre dipimpin Afrimadona, Ph.D yang juga dikenal sebagai ilmuwan yang didukung oleh peneliti yang pengalaman dan handal,” ucapnya.

Dijelaskannya, dari hasil survei Populi Centre, dapat dilihat dan dipahami berbagai temuan-temuannya. Dimana sebagian besar Masyarakat Sumsel merasakan tingkat kepuasaan yang tinggi terhadap kepemimpinan  HDMY.

“Tingkat kepuasan masyarakat Sumsel ini didukung pula oleh sebagian besar masyarakat Sumsel yang puas dengan kinerja pemerintahan Provinsi Sumsel yang dipimpin oleh HDMY,” ucap Rektor Universitas IBA Palembang ini.

Menurut Tarech, pepuasan sebagian besar masyarakat Sumsel terhadap kinerja pemerintahan Provinsi Sumsel tercermin dari tingkat keberhasilan program yang telah dilaksanakan oleh Pemprov.

“Misalnya, temuan survei bahwa masyarakat Sumsel cukup puas mengenai hasil pembangunan infrastruktur di berbagai kabupaten. Temuan ini sejalan dengan respon masyarakat baik di media mainstream maupun di media sosial. Meskipun, ada juga suara-suara yang berkonotasi miring,” tegasnya.

Kendati demikian, ungkap Tarech, kepuasan publik atas kinerja pemprov Sumsel di bawah kepemimpinan HDMY itu merupakan modal sosial dan modal kultural yang mereka miliki dalam kompetisi Pilgub Sumsel pada tahun 2024 mendatang.

“Modal sosial dan kultural itu akan membesar bila dalam sisa pemerintahan  mereka kedepan dapat meningkatkan rasa puas masyarakat atas kinerja pemerintahan pemprov, disamping tidak ada hal-hal luar biasa yang dihadapi mereka,” terangnya.

Dia menilai, kedua modal tersebut diperkuat pula dengan modal politik, sebagaimana diketahui Herman Deru adalah Ketua Partai Nasdem. Sedangkan Mawardi Yahya mantan Bupati Ogan Ilir, dikenal sebagai politisi kawakan atau yang telah banyak pengalaman politik di tingkat lokal, juga jaringan politik di level nasional.

Yang jelas, ucap Tarech, pasangan Herman Deru dan Mawardi Yahya di Pilgub 2024 masih sangat kuat baik popularitas maupun elektabilitas. Hal dapat dilihat dari hasil survei Populi Centre untuk popularitas Herman Deru teratas (96,6 %), Dodi Reza Alex (70,5%), Mawardi Yahya (58,3%), Edi Santana Putra (55,9%).

Sedangkan untuk elektabilitas Herman Deru tetap berada dipuncak (50,4%), disusul Dodi Reza Alex (13,6%), Mawardi Yahya (4,9%), Edi Santana Putra (4,3%), Prana Putra Sohe (3,1%), Ridho Yahya (2,3%).

Disisi lain, Herman Deru sebagai gubernur Provinsi Sumsel dengan gaya kepemimpinan yang sering turun langsung ke tengah  masyarakat, aktif hadir  diberbagai kegiatan di kampus, kepemudaan, aktifitas sosial, budaya, agama dan politik telah membawa sosoknya sebagai pemimpin yang merakyat, atau pimpinan yang dekat dengan rakyat.

“Sebaliknya, Mawardi Yahya menampilkan sosok pemimpin  yang sederhana dan melengkapi Herman Deru. Karena itu, jika kedua pasangan tampil dalam Pilgub 2024,   tentu saja,  menjadi perhitungan lawan-lawan politiknya, atau bahkan menciutkan nyali untuk bertarung pada Pilgub mendatang,” ujarnya.

Pengamatan Politik Sumsel asal Universitas Sriwijaya, Bagindo Togar memprediksi perebutan kursi Sumsel 1 akan semakin seru dan sengit usai ditetapkannya Dodi Reza Alex Noerdin sebagai terdangka.

“DRA ini merupakan pesaing dari pertahana. Partai Golkar tentu akan kembali menyiapkan kader baru untuk bersaing dalam perebutan Sumsel 1. Tentu ini akan menjadi kejutan baru,” ucapnya.

Tak hanya itu, pertahana harus mewanti-wanti siapa sosok baru ini. Sebab ini akan berbeda karena sosoknya belum diketahui, termasuk kelemahan dan kelebihan dari sosok baru ini juga masih belum diketahui.

“Suvei Populi Center pertahana cukup baik dalam sektor populernya, namun tetap harus waspada dengan sosok baru yang akan menjadi pesaing dalam perebutan orang nomor satu di Sumsel pada 2024 mendatang,” ucapnya.

Dilain pihak kapabilatas Gubernur Sumsel H Herman Deru dalam memajukan daerah ini telah mendapatkan pengakuan dari masyarakat. Bahkan sejumlah pihak memprediksi  Herman Deru memiliki peluang sangat besar untuk dapat lanjut memimpin Sumsel pada periode kedua.

Editor : Admin.

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here