Home Sumsel Lapas Lahat Tak Sediakan Bilik Asmara, Ternyata Ini Alasannya

Lapas Lahat Tak Sediakan Bilik Asmara, Ternyata Ini Alasannya

KORDANEWS – Plt Kepala Lapas Lahat, Pudjiono Gunawan SH MSi bersama Plh KA KPLP, Herwin Meldiansyah mengatakan, pihaknya tak mungkin membangun fasilitas Bilik Asmara alias berhubungan intim, atau alias Conjugal Visit (kunjungan pasangan) untuk narapidana/warga binaan.

Apabila terealisasi, Bilik Asmara bisa menjadi masalah. Bahkan menimbulkan kontroversial (perdebatan publik). Sehingga Lapas Lahat tak bisa memfasilitasi narapidana dalam memenuhi kebutuhan biologis narapidana (napi).

“Dulu ada isu-isu itu, namun itu tadi, bisa menimbulkan banyak pertanyaan negatif dari masyarakat,” ucapnya, Senin (25/10/2021).

Banyak pertimbangan yang membuat wacana itu sulit terealisasi. Bahkan akan ada berapa banyak anak-anak yang nantinya lahir dalam Lapas.“Kita tidak ingin itu terjadi.

Jadi kalau warga binaan perempuan kita beri batas dinding. Mereka tidak boleh melakukan aktifitas seperti cuci steam di halaman Lapas. Olehnya kita kurung saja,” bebernya.

Dikatakannya, pihaknya terus berupaya memberikan pembinaan, lewat kegiatan kepribadian dan pelatihan kemampuan yang bersifat feminim, seperti memasak, menjahit, dan tata rias. Bahkan warga binaan harus taat ibadah.

“Termasuk kegiatan kegiatan keagamaan dan Imtaq adalah hal utama rutin. Bahkan kita juga sudah sediakan kamar santri, agar taat beribadah dan mengaji,” ujarnya.

Editor : Admin.

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here