Home Sport Nama – Nama Calon Pengganti Ronald Koeman di Barcelona

Nama – Nama Calon Pengganti Ronald Koeman di Barcelona

KORDANEWS – Barcelona akhirnya berpisah dengan Ronald Koeman. Pelatih asal Belanda tersebut dipecat dari jabatannya sebagai pelatih utama Blaugrana.

Pemecatan itu diumumkan tak lama setelah Barcelona menelan kekalahan dari Rayo Vallecano di pekan ke-11 La Liga 2021-22 di Campo de Futbol de Vallecas. Di laga itu Barcelona keok tipis 1-0.

Kekalahan dari Rayo ini membuat Barcelona cuma menang empat kali saja dari 10 laga di La Liga 2021-22 sejauh ini. Alhasil, Barca terpuruk di urutan ke-9 klasemen sementara.

Kekalahan dari Rayo rupanya membuat kesabaran petinggi Barcelona habis. Koeman tak lagi bisa dipertahankan dan harus angkat kaki dari Camp Nou.

Setelah berpisah dengan Koeman, sedang mencari pelatih baru untuk memimpin Sergio Busquets dan kolega. Siapa saja kandidatnya.

Xavi
Xavi sudah sejak lama dikaitkan dengan posisi pelatih Barcelona. Namun, dia tak kunjung kembali ke Camp Nou karena punya kontrak dengan Al Sadd.

Xavi punya prestasi yang bagus selama menjadi pelatih di klub asal Qatar tersebut. Mantan gelandang timnas Spanyol tersebut berhasil mengantarkan klubnya meraih tujuh trofi.

Pria berusia 41 tahun tersebut sangat tertarik untuk pulang ke Barcelona. Cepat atau lambat, Xavi akan menjadi pelatih Blaugrana.

Roberto Martinez
Roberto Martinez saat ini merupakan pelatih timnas Belgia. Pria asal Spanyol tersebut mengisi posisi tersebut sejak tahun 2016 dan punya prestasi yang bagus bersama De Rode Duivels.

Pria berusia 48 tahun tersebut berhasil membawa Eden Hazard dan kolega finis peringkat ketiga pada Piala Dunia 2018. Belgia juga menembus perempat final di Euro 2020.

Kontrak Martinez bersama Timnas Belgia berakhir pada 30 Juni 2022. Namun, Barcelona harus menebus klausul pelepasannya sebesar 1,8 juta euro apabila ingin memakai jasanya.

Erik Ten Hag
Erik ten Hag mengambil alih kursi kepelatihan di Ajax Amsterdam pada tahun 2017. Sejak saat itu, Ten Hag mampu memberikan prestasi untuk raksasa Belanda tersebut.

Ten Hag berhasil mempersembahkan lima gelar untuk Ajax sampai sejauh ini. Itu termasuk gelar ganda Eredivisie dan KNVB Cup pada musim 2020/2021 lalu.

Pelatih berusia 51 tahun tersebut bakal jadi pilihan yang bagus untuk Barcelona. Namun, Ten Hag saat ini masih punya kontrak di Ajax sampai tahun 2023.

Joachim Loew
Joachim Loew meninggalkan posnya di Timnas Jerman selepas turnamen Euro 2020. Dia sebelumnya punya prestasi yang bagus bersama Die Mannschaft

Loew menangani Timnas Jerman sejak tahun 2006 silam. Ketika itu, pria berusia 61 tahun tersebut menggantikan posisi Jurgen Klinsmann.

Dia berhasil memimpin Jerman ke final Euro 2008 dan sukses merebut trofi Piala Dunia 2014. Di level klub, Loew pernah melatih Stuttgart, Fenerbahce dan Austria Wien.

Antonio Conte
Reputasi Antonio Conte sebagai pelatih juara sudah tidak diragukan lagi. Hal itu bisa dilihat dari rekam jejaknya di Juventus, Chelsea, dan Inter Milan.

Conte berhasil membantu Inter meraih gelar Serie A pada musim lalu. Akan, tetapi mantan pelatih timnas Italia tersebut memutuskan mundur pada akhir musim.

Sejak saat itu, Conte masih belum menemukan klub baru. Namun, namanya belakangan ini dikaitkan dengan klub Premier League Manchester United.

Andrea Pirlo
Andrea Pirlo merupakan pelatih Juventus pada musim lalu. Pria asal Italia tersebut berhasil mempersembahkan trofi Coppa Italia dan Supercoppa Italiana.

Namun, dua trofi tersebut tidak bisa menjamin masa depan Pirlo di Turin. Dia dipecat setelah Juventus kehilangan gelar Serie A.

Setelah angkat kaki dari Juventus, Pirlo saat ini tercatat tak menangani tim mana pun. Namun, namanya sempat dikaitkan dengan Barcelona beberapa waktu lalu.

Ernesto Valverde
Ernesto Valverde punya prestasi yang bagus selama menjadi pelatih Barcelona. Dia berhasil mempersembahkan dua gelar La Liga untuk Blaugrana.

Namun, Valverde justru dipecat pada Januari 2020 lalu. Gara-garanya, Lionel Messi dan kolega saat itu tersingkir di semifinal Piala Super Spanyol 2019.

Valverde masih belum kembali melatih setelah dipecat Barcelona. Dia tentu tak perlu banyak beradaptasi jika kembali ditunjuk memimpin Blaugrana.

Editor :John.W

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here