Home Health Manfaat Keong Sawah bagi Kesehatan

Manfaat Keong Sawah bagi Kesehatan

KORDANEWS – Sebagian orang merasa enggan mengonsumsi keong sawang. Padahal, hewan yang satu ini punya berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Selain lezat, keong sawah nyatanya mengandung zat gizi yang bermanfaat untuk kesehatan. Misalnya, protein, karbohidrat, fosfor, dan kalsium.

Manfaat Keong Sawang bagi Kesehatan yang Sayang untuk Dilewatkan
Masyarakat Indonesia lebih mengenal keong sawah sebagai tutut, yaitu jenis siput air. Ukuran tutut lebih kecil dibandingkan bekicot dan umumnya bisa diolah menjadi masakan yang enak.

Perlu diketahui, dalam seekor keong sawah terkandung berbagai zat gizi yang bermanfaat untuk kesehatan, yaitu:

Protein.
Karbohidrat.
Lemak.
Vitamin.
Fosfor.
Kalsium.
Zink.
Zat besi.
Kalium.
Banyak orang yang mengolah keong sawah sebagai lauk pauk. Terlebih karena mudah didapatkan, harganya murah, dan gizi yang terkandung terbilang lengkap. Nah, inilah manfaat kesehatan yang dapat kamu rasakan jika mengonsumsi keong sawah:

1. Baik untuk nutrisi otak
Manfaat kesehatan keong sawah yang pertama yaitu menutrisi otak. Keong sawah mengandung nutrisi yang dapat mendukung fungsi otak bekerja dengan baik. Kandungan tersebut yaitu asam lemak tak jenuh. Perlu diketahui, asam lemak tak jenuh bermanfaat untuk kesehatan otak.

Bukan cuma itu, lemak yang terkandung dalam keong sawah juga termasuk asam linoleat (omega-6) dan asam linolenat (omega-3). Asam lemak omega-3 inilah yang berperan penting untuk otak, yaitu mengurangi stres oksidatif, meningkatkan daya ingat, dan mengoptimalkan perkembangan otak anak. Sementara itu, kandungan omega-6 pada keong sawah bermanfaat untuk memperlancar fungsi sel-sel saraf otak.

2. Mendukung pertumbuhan tulang
Anak-anak membutuhkan protein dan kalsium selama masa pertumbuhan, agar tubuhnya dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal. Jika kekurangan protein dan kalsium, maka anak berisiko tinggi mengalami stunting atau masalah pertumbuhan lainnya.

Nah, orang tua dapat mencegah masalah pertumbuhan anak dengan memberikan makanan keong sawah pada anak-anak. Ini adalah salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan protein dan kalsium. Sebab, dalam setiap 100 gram keong sawah, terkandung sekitar 129 mg kalsium, atau memenuhi setidaknya 10 persen kebutuhan kalsium harian.

3. Memenuhi kebutuhan protein harian
Protein yang terkandung dalam keong sawang bisa dibilang cukup tinggi. Keong sawah bisa menjadi sumber protein hewani alternatif yang baik dan rendah lemak.

Tubuh membutuhkan protein untuk membangun dan memperbaiki jaringan sel agar berfungsi dengan optimal. Apabila tubuh kekurangan protein, maka tubuh lebih mudah terserang penyakit. Mengingat protein pada keong sawah bermanfaat untuk pemulihan dan penyembuhan setelah sakit, maka tidak ada salahnya untuk mengonsumsinya.

Editor : John.W

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here