Home Health Shea Butter untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

Shea Butter untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

KORDANEWS – Saat kulit dan rambut mengalami masalah, ini mungkin akan membuat seseorang mengalami penurunan rasa percaya diri atau merasa tidak nyaman. Untuk itu, perlu perawatan yang sesuai agar kesehatan kulit dan rambut menjadi lebih optimal.

Selain menggunakan perawatan medis, kamu juga bisa melakukan perawatan alami di rumah menggunakan shea butter. Bahan alami ini mampu merawat kulit sebagai tabir surya dan menjaga kesehatan rambut dari berbagai gangguan yang bisa terjadi.

Shea butter adalah minyak yang berasal dari kacang pohon shea. Untuk menjadi shea butter, tentunya kacang shea harus melewati berbagai proses. Mulai dari pengeringan, pemanggangan, hingga penggilingan yang kemudian menghasilkan minyak alami.

Minyak yang telah dipisahkan akan menjadi padat dan memiliki warna putih atau putih gading yang serupa dengan lemak. Biasanya, minyak yang telah padat bisa berguna sebagai campuran alami untuk berbagai produk perawatan tubuh. Baik untuk perawatan kulit dan rambut.

Berikut berbagai manfaat yang bisa kamu rasakan setelah menggunakan shea butter untuk kesehatan kulit dan rambut, yaitu:

1. Melembapkan Kulit
Jika kamu memiliki jenis kulit yang kering, sebaiknya pilihlah produk perawatan kulit yang memiliki kandungan shea butter di dalamnya. Kandungan ini mampu membuat kulit menjadi lebih lembap dan sehat.

Hal ini karena di dalam shea butter mengandung asam linoleat, oleat, stearat, dan palmitat. Kandungan tersebut juga sangat cepat dan mudah untuk menyerap ke dalam kulit.

Penggunaan yang rutin membuat skin barrier menjadi lebih sehat sehingga mampu menyerap air lebih baik. Kondisi ini mampu menurunkan risiko kulit kering.

2. Mencegah Jerawat
Shea butter memiliki beragam kandungan asam lemak di dalamnya. Komposisi unik ini mampu membantu membersihkan kulit dari minyak berlebih.

Penggunaan pembersih wajah atau perawatan kulit dengan kandungan shea butter membuat kulit tidak menjadi kering atau menyebabkan minyak berlebih. Hasilnya, kulit wajah akan memiliki keseimbangan minyak yang baik sehingga terhindar dari munculnya jerawat.

3. Mencegah Kerusakan Jaringan Kulit
Shea butter memiliki kandungan vitamin A dan E yang berfungsi sebagai antioksidan. Hal ini membuat shea butter bisa mencegah paparan radikal bebas yang bisa menyebabkan kerusakan pada jaringan kulit.

4. Mengatasi Sunburn
Saat kamu berada di luar ruangan dengan paparan sinar matahari yang cukup intens, kondisi ini memicu kamu mengalami sunburn. Biasanya, sunburn menyebabkan kulit mengalami iritasi, kemerahan, hingga nyeri.

Kamu bisa mengoleskan shea butter pada bagian yang mengalami sunburn untuk meredakan gejala yang kamu alami.

5. Mencegah Rambut Patah
Meskipun belum ada penelitian lebih lanjut mengenai shea butter yang bisa membuat rambut menjadi lebih kuat, tetapi penggunaan produk dengan kandungan ini mampu mencegah rambut patah atau rusak.

6. Mengatasi Ketombe
Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi ketombe adalah mengembalikan kelembapan rambut. Kulit kepala yang kering memicu ketombe bertambah parah.

Penggunaan shea butter bisa membuat kelembapan kulit kepala menjadi lebih baik. Dengan begitu, kamu bisa mengatasi ketombe.

Itulah berbagai manfaat shea butter untuk kesehatan kulit dan rambut. Tentunya berbagai penelitian mengenai manfaat shea butter masih terus berlangsung. Jadi, tetap gunakan pengobatan medis sebagai perawatan utama terhadap gangguan kesehatan yang kamu alami.

Editor : John.W

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here