Home Politik Bawaslu Ogan Ilir Turunkan APK Yang Bertebaran Di Sisi Jalan lintas

Bawaslu Ogan Ilir Turunkan APK Yang Bertebaran Di Sisi Jalan lintas

KORDANEWS – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Ogan Ilir, melakukan pencopotan alat peraga kampanye Dijalan lintas timur Ogan Ilir (APK), Senin, 6 November 2023.

Ketua Bawaslu Kabupaten Ogan Ilir, Dewi Alhikmawati mengungkapkan, pelepasan APK pada hari ini dipusatkan di jalan protokol Indralaya Kabupaten Ogan Ilir.

“Yang kita lepas ini adalah alat sosialisasi yang menjelma sebagai alat peraga kampanye,” terangnya kepada wartawan saat melakukan pelepasan di jalan protokol Indralaya.

Menurut Dewi, alat peraga kampanye ini dijadwalkan baru boleh dipasang pada tanggal 28 November 2023 hingga tanggal 10 Februari 2024 mendatang.

“Karena tanggal itu sudah masuk dalam tahapan masa kampanye,” ujarnya.

Ditambahkan Dewi, penertiban alat sosialisasi yang menjurus ke alat peraga kampanye yang dilakukan hari ini, dilakukan secara serentak di 16 kecamatan di Kabupaten Ogan Ilir.

“Bergerak seluruh bersama Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) serta Panwaslu Kelurahan dan Desa (PKD),” lanjutnya.

Penertiban alat sosialisasi menjelma ke alat peraga kampanye ini, dilakukan Bawaslu bersama-sama Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), kepolisian, TNI, dan Dishub Kabupaten Ogan Ilir.

“Kita melibatkan stakeholder yang ada,” ujarnya.

Penertiban ini, terang Dewi, sekaligus mengacu pada Peraturan Daerah Kabupaten Ogan Ilir. Menurut Dewi, alat sosialisasi itu seharusnya hanya mensosialisasikan nomor dan gambar partai politik saja.

“Yang kami temukan di lapangan, banyak alat sosialisasi yang menjurus ke alat peraga kampanye,” tegasnya.

Adapun alat sosialisasi yang dilakukan penertiban, yakni, ada nomor urut, tanda coblos, serta unsur ajakan. Itu semua sesuai dengan PKPU Nomor 15 Tahun 2023.

Editor : Admin.

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here