Home Health Buah Paling Sehat untuk Penuhi Gizi Harian

Buah Paling Sehat untuk Penuhi Gizi Harian

KORDANEWS – Buah banyak digemari karena sumber makanan sehat yang kaya akan vitamin, mineral, serat, dan antioksidan. Buah juga punya rasa segar dan manis. Anda sebaiknya makan buah-buahan setiap harinya demi menjaga kesehatan tubuh. Cobalah pilihan buah terbaik berikut ini!

Setiap buah punya kandungan gizi dan manfaat untuk kesehatan yang berbeda-beda.

Di bawah ini daftar buah yang sebaiknya rutin Anda konsumsi karena termasuk buah-buahan paling sehat. Apa saja?

1. Apel
buah sehat apel

Apel termasuk buah sehat yang bisa dikonsumsi saat diet ketat. Buah ini mengandung banyak serat sehingga bisa membuat Anda kenyang tahan lama.

Selain itu, apel rendah kalori jadi tidak usah khawatir asupan kalori akan melonjak. Makan buah apel juga baik untuk otak serta jantung Anda.

Studi terbitan Critical Reviews in Food Science and Nutrition (2020) menemukan bahwa mengonsumsi 100–150 gram apel per hari berpotensi menurunkan tekanan darah tinggi, peradangan, serta kolesterol jahat di dalam tubuh.

Selain itu, apel membantu meningktakan kadar kolesterol baik sekaligus menjaga fungsi selaput jantung. Manfaat ini didapatkan dari senyawa flavonoid dan serat apel.

Kandungan flavonoid juga bantu cegah penyakit demensia yang kerap kali menyerang orang yang lanjut usia.

2. Nanas
Rasanya yang asam manis membuat nanas cocok untuk hidangan penutup setelah makan. Atau juga bisa dijadikan camilan sehat pada siang hari.

Tak hanya rasanya yang enak, buah ini ternyata mengandung zat yang bersifat antiradang. Ini membantu Anda untuk menurunkan risiko penyakit infeksi.

Nanas juga mengandung enzim bromelain. Enzim ini berpotensi membantu mempercepat proses penyembuhan luka.

Bromelain juga merupakan agen antiradang yang bisa mengurangi bengkak serta memperbaiki lapisan organ yang rusak dengan lapisan yang baru.

3. Mangga
Buah musiman yang sehat ini ternyata punya kandungan beta-karoten yang tinggi. Di dalam tubuh, beta-karoten zat ini akan berubah menjadi vitamin A.

Vitamin A dan vitamin C yang juga terkandung di dalam mangga membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Jadi, Anda tidak rentan terkena penyakit infeksi.

Mangga juga kaya akan gula alami sehingga membantu Anda mengembalikan energi dengan cepat.

4. Jambu biji
Jambu biji sudah terkenal jadi salah satu buah sehat untuk pasien demam berdarah.

Hal ini dikarenakan buah sehat ini bantu menaikkan kadar trombosit. Beberapa penelitian ternyata sudah membuktikan hal ini.

Jambu biji mengandung polisakarida sulfat, flavonoid, quercetin dan senyawa chalcone alami.

Senyawa ini bisa merangsang produksi trombosit sehingga baik bagi Anda yang sedang mengalami demam berdarah.

Selain itu, kandungan vitamin C jambu biji sangat tinggi, yaitu sekitar 90 mg per 100 gram buah. Jadi, konsumsi 2 buah (kurang lebih 100 gram) jambu biji bisa memenuhi seluruh kebutuhan vitamin C harian Anda.

editor : John.W

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here