Home Sumsel Pj Bupati OKI Lepas Ratusan Warganya Yang Bakal Beribadah Haji

Pj Bupati OKI Lepas Ratusan Warganya Yang Bakal Beribadah Haji

KORDANEWS – Sebanyak 227 Jemaah Calon Haji (JCH) dari Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Kloter 16 diberangkatkan ke Tanah Suci Mekkah.
Dalam sambutannya saat pemberangkatan JCH Kloter 16, Penjabat (Pj) Bupati Ogan Komering Ilir (OKI), H. Herman Supriyanto, berpesan kepada JCH untuk menjaga kesehatan dan kekhusyukan selama menjalankan ibadah haji.
“Ibadah haji adalah ibadah fisik, jadi saya harap bapak ibu JCH bisa terus menjaga kesehatan agar dapat menjalankan ibadah haji dengan sempurna dan khusyu’,” Pesan Asmar di Acara Pelepasan JCH, Jumat 31 Mei 2024.
Pj Bupati OKI Ir. H. Asmar Wijaya, M.Si., dalam sambutannya berpesan kepada JCH untuk menjaga kesehatan dan kekhusyukan selama menjalankan ibadah haji.
“Gunakanlah waktu selama 40 hari di Tanah Suci untuk memperbanyak ibadah, berdzikir, berdoa, bersedekah, dan tawakkal, Yakinilah di dalam hati bahwa ibadah yang dilakukan semata-mata untuk meraih ridho dan rahmat dari Allah SWT, agar menjadi haji yang mabrur dan mabruroh,” tutup Asmar.
Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten OKI, H. Syarif, menyampaikan bahwa keberangkatan JCH OKI pada tahun 2024 terbagi menjadi 2 kloter.
Untuk Kloter pertama (kloter 16) berangkat pada tanggal 31 Mei 2024, dengan jumlah JCH sebanyak 227 orang.
Sedangkan, untuk kloter kedua (kloter 18) pada tanggal 2 Juni 2024 dengan jumlah JCH sebanyak 226 orang.
“Untuk kloter 16 ini, CJH OKI berjumlah 227 orang, ditambah 2 Petugas Haji Daerah (PHD), sehingga totalnya menjadi 229 orang, CJH OKI akan bergabung dengan CJH dari Kabupaten Banyuasin (196 orang), Kota Palembang (15 orang dan 1 PHD), dan 5 Petugas Kloter. Sehingga, total CJH Kloter 16 menjadi 450 orang,” jelasnya.
Lebih lanjut, H. Syarif menjelaskan bahwa CJH Kloter 16 akan terbang ke Arab Saudi pada tanggal 1 Juni 2024 dan dijadwalkan kembali ke tanah air pada tanggal 12 Juli 2024.
Diberitakan sebelumnya, Kloter 16 jemaah haji Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) telah menyelesaikan proses pengemasan koper haji. Setiap jemaah diizinkan membawa koper dengan berat maksimal 32 kg, sesuai dengan ketentuan maskapai penerbangan dan aturan di Arab Saudi.
Jemaah haji kloter 16 dijadwalkan untuk masuk Asrama Haji Palembang, Jumat 31 Mei 2024 sekitar pukul 10.00 WIB.
Kepala Kantor Kemenag Kabupaten OKI, Syarip SAg melalui Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Drs H Mutawalli MPdi menjelaskan, untuk semua koper kloter 16 ini telah dikumpulkan di KBIHU MDU Lempuing. Sehingga tinggal dikirimkan langsung embarkasi Palembang.
“Semua koper jamaah haji kloter 16 sudah dikumpulkan di KBIHU MDU Lempuing, jadi Kamis besok atau Jumat subuh langsung dikirim ke embarkasiĀ  Palembang,” jelas Mutawalli, Selasa 28 Mei 2024.
Dijelaskan Mutawalli, untuk muatan koper haji jamaah haji ini dimaksimal 32 Kg yang ukuran besar dan koper ukuran kecil dengan muatan 7 Kg.
Lalu, terkait pemberangkatan jamaah haji kloter 16 ke embarkasiĀ  Palembang dilepas setelah sholat subuh atau jam 05.30 WIB di pendopo Kabupaten, pada Jumat 31 Mei 2024.
Masih kata Mutawalli, untuk kloter 18 masuk asrama haji 2 Juni 2024. Sehingga sejumlah koper haji sudah harus dikumpulkan di kantor Kementerian Agama Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umroh Pusat Layanan Haji dan Umroh Terpadu (PLHUT) Kabupaten OKI, di H-3 keberangkatan.
Dimana sejumlah koper haji ini telah didistribusikan ke jamaah haji dari beberapa pekan yang lalu. Sehingga jamaah haji telah diberikan waktu untuk mengisi segala keperluan dan kebutuhan di Tanah SuciĀ  Makkah ke dalam koper.
“Kita juga mengimbau kepada semua jamaah agar mengisi koper jangan melebihi kapasitas yang telah ditentukan dan jangan menerima titipan barang dari jamaah atau orang lain,” pesannya.
Lanjutnya, jadi masing-masing jamaah mendapatkan 2 koper haji sehingga cukup membawa barang-barang yang diperlukan atau dibutuhkan di sana.
Editor : Admin
Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here