Home Sumsel Di OI Ada Sawah di Pekarangan rumah

Di OI Ada Sawah di Pekarangan rumah

KORDANEWS – Menanam padi ternyata tidak harus di lahan persawahan dengan areal yang luas. Buktinya di Kabupaten Ogan Ilir (OI) mulai bermunculan warga yang menerapkan pola penanaman padi melalui polybag.

Gagasan penanam padi di polybag dilakukan oleh Irwan Noviatra SH ,salah satu anggota DPRD Ogan Ilir yang pernah melakukan kunjungan kerjanya ke Jawa Barat dan Tanggerang.

“Hasil kunjungan itulah, saya mulai menerapkan bersama warga yang mempunyai lahan terbatas, dengan memanfaatkan lahan pekarangan rumah untuk menanam padi melalui polybag,” kata Irwan.

Dia pun mulai menggulirkan dan mensosialisasikan ajakan dengan Bahasa Bumi Caram Seguguk “Payo Bume”, ayo bersawah.

“Saat ini sudah ada 10 lokasi percontohan penanaman padi melalui polybag yang tersebar di beberapa desa dan kecamatan di Kabupaten OI, seperti di Desa Kota Daro II, Sejangko, Sungai Rotan, Tanjung Raja Selatan, Pematang Melintang, Tanjung Raja Timur, termasuk Pantai Jodoh sendiri,” ujarnya.

Di harapkan dengan dengan adanya percontohan di 10 lokasi ini dapat memotipasi masyarakat lainya bisa memanfaatkan lahan yang ada dan mengoptimalkan hasil pertanian kedepan.

Editor: Janu

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here