Home Headline Puting Beliung Porak-porandakan Yogya dan Bantul

Puting Beliung Porak-porandakan Yogya dan Bantul

KORDANEWS – Angin puting beliung terjadi di Yogyakarta hari ini, Selasa, 24 April 2018. Kejadian itu bersamaan dengan turunnya hujan.

Pantauan, angin kencang itu terjadi pukul 14.05-14.27 WIB. Wilayah di Kota Yogya yang terkena angin puting beliung, yakni daerah Kampus Akademi Pembangunan Masyarakat Desa (APMD) Baciro, Kecamatan Gondokusuman, Kota Yogyakarta. Angin tersebut membuat sejumlah pohon dan rumah warga rusak.

“Ada seorang warga, dosen dari kampus APMD dirujuk ke Rumah Sakit Bethesda karena kejadian ini, kami belum tahu penyebab pastinya apakah kena pohon tumbang atau lainnya,” ujar Manajer Pusat Pengendalian Operasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah DIY Danang Samsurizal dilansir dari Tempo.

Menurut Danang, angin puting beliung juga terjadi di Kelurahan Sorowajan, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul yang merupakan wilayah perbatasan dengan Kota Yogya di sisi timur.

Di Sorowajan, angin merusak rumah, pohon, dan kedai kopi. Tak ada korban luka ataupun jiwa dalam peristiwa itu. “Total di Sorowajan ada 34 rumah warga rusak karena angin itu,” ujarnya.

Kepala BMKG Yogyakarta, I Nyoman Sukanta mengatakan di willayah DIY dan sekitarnya pada hari ini masih berpotensi turun hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat/petir dan angin kencang. “Semua kabupaten dan kota memiliki potensi angin kencang itu sampai pukul 18.00 WIB nanti,” ujarnya.

Untuk wilayah di Kabupaten Sleman misalnya, kata dia, titik potensi angin kencang ada di Kecamatan Prambanan dan Berbah, Kota Yogyakarta, Kabupaten Bantul meliputi Kecamatan Piyungan, Banguntapan, Sewon, Dlingo, Imogiri, Pleret, Jetis, Bantul, dan Pundong. Sedangkan di Kabupaten Gunung Kidul meliputi kecamatan Patuk, Playen, Wonosari, Karangmojo, dan Ponjong. “Potensi ini bisa meluas ke wilayah Kulon Progo,” ujarnya.(net)

Editor : mahardika

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here