Home Entertainment Masjid Shah Cheragh Menjadi Masjid Terncantik Didunia

Masjid Shah Cheragh Menjadi Masjid Terncantik Didunia

KORDANEWS- Sebuah masjid di Iran jadi wisata religi yang bikin wisatawan terkagum-kagum. Ada masjid berhiaskan kaca dan lampu yang cantik.

Masjid biasanya bernuansa religi dengan arsitektur megah yang menenangkan. Tapi di Iran, ada masjid bernama Shah Cheragh yang mirip galeri seni.

Berada di Kota Shiraz, Iran, masjid ini dulunya adalah makam. Menurut cerita, sekitar tahun 900, seorang pengembara melihat cahaya misterius keluar dari makam ini.

Kemudian pengembara tersebut menyelidiki makam bercaya tersebut. Ketika digali, terlihatlah jenazah dari tokoh-tokoh muslim pada zaman itu.
Pada tahun 1100-an, makam-makam tersebut dibuat menjadi situs ziarah dan mulai populer. Di sini terdapat monumen dan pemakaman Ahmad dan Muhammad, saudara-saudara yang berlindung dari penganiyaan terhadap Muslim Syiah pada abad ke-10.

Pada abad ke-14, akhirnya makam ini diberi nama Shah Cheragh yang berarti Raja Cahaya. Hal ini dikarenakan interior masjid yang penuh dengan kaca dan bercahaya.

Masjid ini juga dikenal dengan nama Emerald Mosque and the Shrine to the King of the Light. Selama berabad-abad, renovasi terus dilakukan guna mempercantik masjid.
Dari luar, masjid ini terlihat biasa layaknya rumah ibadah lainnya. Namun begitu masuk ke dalamnya, matamu akan dimanjakan dengan cahaya-cahaya cantik yang terpantul dari lampu-lampu ruang ibadah.

Lampu gantung yang indah pun mempercantik interior masjid ini. Saat lampu menyala, cahaya akan terbiaskan lewat ornamen kaca yang memenuhi ruangan.

Hasilnya, masjid ini akan terlihat luas biasa cantik. Kamu akan dibuat terkagum-kagum dengan keindahannya. Kamu kapan ke sini?

Editor : ardi

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here