Home Headline H-5 Arus Mudik Stasiun Kertapati Mulai Melonjak, PT KAI Tambah Gerbong

H-5 Arus Mudik Stasiun Kertapati Mulai Melonjak, PT KAI Tambah Gerbong

KORDANEWS- Jumlah penumpang kereta api di Sumatra Selatan mulai mengalami lonjakan sejak H-7 kemarin. Mengatasi lonjakan penumpang, PT KAI menambah gerbong ganjil-genap dari Palembang ke Kota Lubuklunggau.

“Pada tahun ini di stasiun Kertapatih kita ada kenaikan jumlah penumpang antara 5-7 persen dibandingkan tahun lalu. Oleh sebeb itu, PT KAI menambah gerbong di stasiun Kertapatih tujuan Lubuklinggau,” kata Manager Humas KAI di Palembang, Aida Suryanti kepada wartawan, Senin (11/6/2018).

Arus mudik dari Palembang menuju kota Lubuklinggau, diprediksikan mulai terjadi peningkatan pada H-2 lebaran. Untuk itu, gerbong ganjil-genap mulai diberlakukan untuk mengatasi lonjakan dari dua kota di Sumatera Selatan ini.

Untuk keberangkatan kereta dari stasiun Kertapatih menuju Lubuklinggau itu pada tanggal Ganjil. Sebaliknya kalau dari kota Lubuklinggau ke Kertapatih berangkat di tanggal genap.

“PT KAI telah menetapkan masa angkut lebaran selama 22 hari, yakni mulai dari tanggal 5 Juni-26 Juni. Selama masa mudik, PT KAI menyediakan setidaknya 59.444 kursi dengan tujuan ke berbagai daerah di Sumatera Selatan,” kata Aida.

Untuk menjamin keselamtan penumpang selama dalam perjalanan, PT KAI sudah menyiapkan personil keamanan dengan bantuan TNI-Polri. Personil keamanan ini terbagi di beberapa stasiun dan daerah rawan kejahatan.

Pantauan detikcom di stasiun Kertapatih pagi ini, terlihat penumpang sudah mulai memadati stasiun. Penumpang banyak memilih angkutan lebaran dengan kereta api karena jarak tempuh ke daerah cukup jauh.

“Lebih efisien pakai kereta api dari pada pakai mobil atau motor. Kami ini juga satu keluarga dan ada anak kecil, jadi lebih baik naik kereta karena jarak dari Palembang hampir 7-8 jam,” kata Cek Mirwan, salah seorang penumpang.

Editor : ardi

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here