Basarnas Palembang Gelar Latihan SAR

KORDANEWS – Untuk meningkatkan sinergitas dalam penanganan kecelakaan pelayaran diwilayah perairan Sungai Musi, Basarnas Palembang bersama Polairud, Dishub, TNI AL, dan BPBD menggelar latihan SAR dan Rakor bersama di Hotel Santika Rabu (14/11/18).

Direktur Kesiapsiagaan Basarnas Didi Hamzar S Sos MM mengatakan, selain peralatan dan personil yang memadai yang dimiliki Basarnas dalam melaksanakan tugas pencairan dan pertolongan juga diperlukan kekompakan dan sinergitas dengan unsur tim SAR gabungan.

“Melalui Rakor dan latihan bersama ini, Basarnas Palembang akan meningkatkan sinergitas dalam penanganan kecelakaan pelayaran di Sungai Musi,”katanya disela sela Rakor bersama tim SAR gabungan.

Diketahui wilayah kerja Basarnas Palembang cukup luas, sedangkan kantor SAR tidak semua ada diseluruh Kabupaten kota di Sumsel. Yang hanyalah potensi potensi SAR yang tergelar dikantor Basarnas Palembang.

“Dengan Rakor ini kita bisa berkomunikasi dan memetakan potensi potensi kecelakaan dan bencana yang sering terjadi di Sumsel,”tambahnya.

Kepala Kantor SAR Palembang Berty DJ Kowaas menambahkan Rakor bersama tim SAR gabungan ini untuk menyamakan dan menyatukan pola pikir, pola tindak dalam menangani bencana dan evakuasi korban yang memerlukan pertolongan.

“Karena Basarnas bagian kecil dari menangani bencana dan evakuasi korban yang memerlukan pertolongan untuk itu sangat diperlukan koordinasi dan komunikasi dengan unsur SAR terkait yang disebut dengan tim SAR gabungan,” pungkasnya.(Dik)

Editor: Janu

basarnas Sar

Related Post

Leave a reply

Loading...