Pelabuhan Tanjung Api-api Tak Terpengaruh Tsunami Selat Sunda

KORDANEWS – Bencana Tsunami Selat Sunda hingga saat ini masih menyisakan duka mendalam bagi Indonesia, bahkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG)  mengeluarkan imbauan kepada warga agar jangan liburan ke pantai.

Meski intensitas liburan akhir tahun berkurang untuk ke daerah berpantai, namun keberangkatan melalui jalur laut via Pelabuhan Tanjung Api-api (TAA) Banyuasin menuju Tanjung Kalian Bangka atau sebaliknya tak begitu berpengaruh.

Kepala Pelabuhan Tanjung Api-api, Zulkarnain mengatakan Bencana Tsunami Selat Sunda tak mempengaruhi keberangkatan. Hingga saat ini pihaknya masih terus melakukan keberangkatan reguler penumpang sebanyak enam trip dari Pelabuhan TAA menuju Tanjung Kalian dan sebaliknya.

“Pelabuhan TAA aman tak ada pengaruh,  keberangkatan reguler masih enam trip perhari,” ujarnya,  Rabu (26/12). Diakuinya, di Pelabuhan Merak kemarin sempat melakukan siaga satu karena
cuaca buruk pasca Tsunami Selat Sunda. Akan tetapi hal itu tak mempengaruhi TAA, sebab kondisi keberangkatan masih termasuk ke dalam kategori normal.

Apabila kondisi alam sedang tak memungkinkan,  maka penumpang pun bakal diberitahu oleh operator dan dikeluarkan imbauan larangan menyebrang.

“Cuaca masih normal,  tak ada ketakutan penumpang melintas melalui TAA. Jika kondisi buruk tentunya akan kita berita tahu apalagi sudah masuk siaga satu,” tegas Zulkarnain.

Ia menambahkan,  dalam suasana libur panjang Natal dan Tahun baru jumlah penumpang khususnya yang menyebrang menggunakan kendaraan pribadi mengalami kenaikan sekitar 30 persen dari hari biasanya.  Sementara untuk jumlah penumpang mencapai 200 orang perhari.

“Dua hari jelang tahun baru diprediksi bakal naik lagi jumlah penumpang, jika terjadi penumpukan maka akan kita tambah lagi keberangkatan. Lihat situasi di lapangan,” ungkapnya.  (Ab)

 

Editor: Janu

pelabuhan TAA tsunami selat sunda

Related Post

Leave a reply

Loading...