Begini Cara Benar Membersihkan Helm, Jangan Lakukan Hal Ini

KORDANEWS – Setiap pengendara sepeda motor tentu ingin memiliki alat pelindung kepala yang bagus dan bebas bau. Sayangnya, kemacetan dan cuaca membuat hal itu terkadang sulit untuk bisa diwujudkan.

Keringat dan air hujan kerap membuat helm bau apek. Jika sudah begitu, maka solusinya adalah dengan membersihkan bagian dalamnya. Umumnya, pekerjaan itu diserahkan ke jasa cuci helm.

Menurut Executive Director RSV Helmet, Richard Ryan, mencuci helm yang benar sangat penting untuk menjaga kualitasnya. Apalagi, jika helm tersebut harganya cukup mahal.

Salah satu kesalahan yang kerap dilakukan pemilik helm adalah, mencopot padding atau busa bagian dalam dan merendamnya di air. Richard mengatakan, hal itu bisa merusak kualitas helm tersebut.

“Kalau direndam, bisa bikin busanya berubah. Meski sesudah itu dikeringkan dengan pengering rambut sekalipun. Biasanya, ukurannya jadi naik setengah tingkat,” ujarnya di Jakarta, Senin 11 Februari 2019.

Cara paling benar, kata Richard, adalah dengan mengelapnya menggunakan kanebo. Basahi kanebo secukupnya, lalu gosok padding dengan lap tersebut.

“Karena enggak basah banget, maka cepat kering. Enggak perlu dijemur di terik matahari,” tuturnya.

Jika dirasa padding sudah mulai tidak nyaman, maka Richard menyarankan untuk menggantinya. Biaya yang harus dikeluarkan berbeda-beda, tergantung merek dan tipe helm. “Kalau di kami, harga padding Rp175 ribu. Sudah lengkap kiri, kanan dan atas.” kata dia.

Editor : Chandra

otomotif sport tips

Related Post

Leave a reply

Loading...