Ternyata Menjemur Pakaian Basah di Dalam Rumah Bahaya

KORDANEWS — Sulitnya menjemur dan mengeringkan pakaian menjadi masalah yang umum terjadi saat musim hujan. Agar baju tak kehujanan, banyak yang memilih menjemur di dalam rumah.

Meski cukup membantu membuat pakaian menjadi kering, tapi Anda tak boleh sembarangan menjemur pakaian basah di dalam rumah. Menurut dr. Rita Khairani, M.Kes, SpP, dalam keadaan terpaksa, menjemur di dalam rumah boleh saja asal tetap ada ventilasi yang membuat sirkulasi udara tetap berlangsung.

“Baju yang basah yang dijemur di dalam rumah terus menerus bisa meningkatkan kelembaban sampai 30 persen, ini bisa memancing tumbuhnya jamur, tungau, dan debu,” ujar Rita, dilansir dari Viva. 

Jamur sangat senang di tempat yang lembab. Pakaian basah di dalam ruangan bisa memicu tumbuhnya jamur di ruangan sekitar. Hal ini bisa berbahaya karena jamur bisa terhirup masuk ke dalam saluran napas. Karena itu, jamur yang disebabkan oleh kelembaban ini lebih berbahaya.

Selain itu, lanjut Rita, jamur ini juga bisa memicu alergi. Pada penderita asma, jamur bisa menjadi salah satu pemicu serangan asma. Oleh karena itu, berhati-hatilah jika menjemur pakaian basah di dalam rumah terutama bagi yang memiliki alergi.

Kalau pun terpaksa menjemur pakaian di dalam rumah karena hujan tak kunjung berhenti, ada trik yang bisa dilakukan.  Yang utama, usahakan untuk ada angin yang masuk melalui ventilasi ada sinar yang masuk ke ruangan.

Akan lebih baik jika Anda memang menyiapkan ruang khusus di lantai dua yang beratap tinggi serta tembus cahaya untuk tempat menjemur. Dengan begitu, pakaian bisa tetap kering dan aman dari hujan.

Editor : Jhonny

Bahaya pakaian basah bakteri pakaian basah dijemur di dalam rumah bahaya

Related Post

Leave a reply

Loading...