Home Budaya Males Cuci Mobil Bikin Usia Pakai Lampu Depan Semakin Pendek

Males Cuci Mobil Bikin Usia Pakai Lampu Depan Semakin Pendek

KORDAMEWS – Lampu mobil, khususnya pada bagian depan, merupakan komponen terpenting saat berkendara. Kualitas cahaya dalam proses penyinaran yang maksimal, membuat pengemudi merasa aman sepanjang perjalanan.

Namun, tingkat kecerahan lampu bisa menurun, lantaran mika yang buram akibat pemanasan dari lampu bohlam. Proses pemanasan ini semakin parah, andai pemilik mobil urung membersihkan mobilnya.

“Kebersihan lampu harus selalu dijaga, terutama bagian mika,” ungkap Head Product Improvement PT Astra Daihatsu Motor, Bambang Supriadi.

Ia menjelaskan, lazimnya cahaya dari sorot lampu itu menghasilkan panas. Apabila ada kotoran yang menempel pada mika, maka hal itu akan membuat panas yang dihasilkan menumpuk di rumah lampu.

Umumnya, lampu mobil punya ketahanan daya sampai tujuh tahun. Namun, suhu yang terlalu panas membuat umurnya berkurang.

Padahal, biaya yang dibutuhkan untuk mengganti satu set lampu berjenis led emitting diode terbilang cukup mahal. Alasannya, lampu tersebut berbeda dengan bohlam halogen.

“Satu set lampu LED harganya sekitar Rp2 juta. Itu dengan rumahnya, karena LED enggak bisa dicopot hanya lampunya saja,” tuturnya.

Editor : Chandra

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here