Baru Diresmikan, Rumah Sakit Hewan Sumsel, Bakal Berikan Vaksin Gratis Bagi Pemilik Hewan

KORDANEWS — Bagi pencinta hewan yang ingin hewan kesayangannya divaksin secara gratis maka bisa ke Rumah Sakit Hewan Sumatera Selatan di Jalan Peternakan Raya Kelurahan Sukajaya Kecamatan Sukarami Palembang.

Rumah Sakit Hewan Sumatera Selatan yang pertama di Sumatera, ini baru diresmikan oleh Gubernur Sumsel Herman Deru, Kamis (14/3).

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumsel Taufik Gunawan mengatakan, bagi masyarakat yang memiliki hewan peliharaan seperti kucing, anjing dan lain-lain bisa dibawak ke Rumah Sakit Hewan Sumatera Selatan.

“Di sini diberikan vaksin gratis sampai batas waktu yang belum ditentukan,” ujar Taufik Gunawan usai acara Peresmian Rumah Sakit Hewan Sumatera Selatan.

Menurutnya untuk sementara ini biayanya masih ditanggung APBD. Sambil menunggu aturan tarif pengobatan dan biaya obat-obatan yang akan ditetapkan pemerintah kedepannya.

“Namun terkait tarif jangan khawatir karena ini sasarannya masyarakat penyayang binatang, jadi tentu tarifnya nanti akan terjangkau. Karena kalau yang keklinik tentu tarifnya berebeda,” katanya

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa Rumah Sakit Hewan Sumsel ini selesai dibangun tahun 2016 dan dibangun di atas lahan 1 hektar. Untuk pembangunan fisik melalui anggaran APBD dan peralatan melalui anggaran APBN.

Pelayanan dan fasilitas yang ada di Rumah Sakit Hewan Sumsel ini seperti bisa untuk vaksinasi, sterilisasi, ruang operasi, USG, rongsen, laboraturium. Lalu ada juga untuk pemeriksaan gigi hewan dan deteksi jantung kalau selesai oprasi.

“Ada juga ruangan grooming, namun untuk grooming tempatnya saja kami sewakan. Untuk isi dan operasional akan kerjasama dengan pihak ketiga. Begitu juga dengan apotik bisa kerjasama dengan PDHI,” ungkapnya.

Menurutnya, selain gedung utama yang berupa rumah sakit di sini juga ada mes untuk asrama. Kalau ada mahasiswa atau koas fakultas kedokteran dari Unsri yang mau praktek di sini. Lalu juga ada gedung pelatihan.

Baca Juga :   Genjot Kunjungan Pelancong, Palembang Bakal Gelar Rajawali Festival

Sementara itu Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan, bahwa untuk penambahan fakultas kedokteran hewan akan dibicarakan terlebih dahulu dengan pihak Unsri.

“Ini rumah sakit sudah bertahun-tahun tidak diaktifkan, bukan saja ditakutkan alat-alatnya nanti akan rusak tapi pelayanan juga tergangu,” ujar HD.

Dengan alat yang canggih tenaga medis yang handal. Tentu bisa meyakinkan para pencinta hewan untuk ke Rumah Sakit Hewan Sumsel ini.

“Ketika dengan hewan peduli maka saya yakin peduli dengan manusia.Putri saya juga salah satu pencinta hewan. Tadinya dia mau datang juga cuma ada jam kuliah,” ujarnya.

Menurut HD, yang paling penting masyarakat harus tahu bahwa Pemprov Sumsel mempunyai perhatian khusus kepada hewan dan para pencinta hewannya.

“Kami menghimbau agar masyarakat memanfaatkan dan mengunakan fasilitas Rumah Sakit Hewan yang sudah ada ini dengan baik,” ungkapnya. (Ab)

Editor : Jhonny

Rumah Sakit Hewan sumsel Vaksin Gratis

Related Post

Leave a reply

Loading...