Buka Sosialisasi Penyuluhan Kearsipan, Ini Harapan Wabup Muara Enim

KORDANEWS – Wakil Bupati Muara Enim,Juarsah, membuka kegiatan Sosialisasi Penyuluhan Kearsipan Tahun 2019, bertempat di Hotel Griya Serasan Sekundang Kabupaten Muara Enim, Selasa (18/06/2019).
Dalam kata sambutannya, Wakil Bupati Muara Enim menyambut baik kegiatan Sosialisasi Penyuluhan Kearsipan. Dirinya juga mengucqpkan terima kasih kepada jajaran Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Muara Enim yang telah menyelenggarakan kegiatan tersebut.
“Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bagi peserta, agar mampu mengelola kearsipan secara efektif dan efisien di unit kerja masing-masing,” tuturnya.
Juarsah menambahkan, melalui sosialisasi penyuluhan kearsipan kita tingkatkan pengelolaan arsip dan gerakan nasional. Menuju Muara Enim untuk rakyat yang Agamis, Berdaya Saing, Mandiri, Sehat dan Sejahtera.
“Arsip adalah naskah-naskah yang dibuat diterima oleh lembaga Iembaga Negara dan Pemerintah dalam bentuk dan corak apapun baik dalam keadaan tunggal maupun berkelompok, dalam rangka pelaksanaan kegiatan pemerintah, termasuk juga naskah naskah yang dibuat dan diterima oleh badan-badan swasta atau perorangan baik berbentuk arsip konvensional (kertas) maupun arsip elektronik (suara gambar video aplikasi) yang harus dipelihara dan dilestarikan sebagai arsip sejarah pembangunan bangsa, terutama di Pemerintah Kabupaten Muara Enim,” tambahnya.
Wakil Bupati Muara Enim, Juarsah menyerahkan hadiah dan piala kepada perpustakaan, desa terbaik tingkat Kabupaten Muara Enim di tahun 2019. Yakni Desa Ujan Mas lama di posisi pertama, Desa Tegal Rejo Kecamatan Lawang Kidul di posisi ke dua dan perpustakaan Desa Lesung Batu Kecamatan Tanjung Agung di posisi ke tiga.
“Dengan adanya pemberian hadiah ini, diharapkan menjadi motivasi dan mendorong terbentuknya perpustakaan desa lainnya di Kabupaten Muara Enim dan menjadikan masyarakat semakin gemar membaca dan semakin mencerdaskan masyarakat,” jelasnya.
Sementara, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Muara Enim, Maryana, melalui Kabid Pengembangan dan Pembinaan Perpustakaan, Daru Layuk SH berharap desa yang belum memiliki perpustakaan bisa terpacu untuk membangun perpustakaan di desanya agar masyarakat bisa terbantu dan semakin mencerdaskan masyarakat khususnya di pedesaan.
“Ayo bangun perpustakaan, agar anak-anak di desa bisa belajar bersama dalam mencari informasi baru,” harapnya. (Ari)
Editor : Jhonny

muara Enim Penyuluhan Arsipan Sosialisasi sumsel

Related Post

Leave a reply

Loading...