9 Titik Panas Terpantau di Sumsel

KORDANEWS — Sembilan titik panas atau hotspot terpantau di wilayah Sumatera Selatan (Sumsel) pada hari ini (12/7). Jumlah titik panas ini berdasarkan hasil perubahan 24 jam terakhir dari satelit Aqua, Terra, SNNP pada katalog modis LAPAN.

Kabid Penanganan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumsel, Ansori, mengatakan hari ini di wilayah Sumsel terpantau sembilan titik panas. Menurutnya, titik panas di provinsi ini masih dalam kategori sedang yaitu 30-79 persen.

“Di Sumsel untuk hari ini ada sembilan titik panas yang terpantau selama 24 jam terakhir,” ujar Ansori di Palembang, Jumat (12/7).

Dia menjelaskan, sebaran titik panas tersebut yakni 5 titik di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), 2 titik di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), satu titik di Kabupaten Muara Enim, dan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) satu titik.

Dia menyebut, kemunculan titik panas itu memang terbanyak masih berada di daerah yang rawan kebakaran hutan dan lahan (karhutla). “Titik panas yang terjadi di Sumsel ini rata-rata berada di lahan gambut, pertanian, dan perkebunan,” kata Ansori.

Selain itu, kata dia, titik panas khusus di pulau Sumatera terbanyak masih di Riau dengan jumlah sebanyak 50 titik baik kategori sedang maupun tinggi. Sumsel dan Jambi terbanyak di angka sembilan titik, Kepulauan Bangka Belitung (Babel) ada tujuh titik, dan Sumatera Utara (Sumut) adalah tiga titik.

“Kita imbau agar masyarakat Sumsel tetap waspada. Bukan itu saja, masyarakat diimbau agar tidak lagi dibuka dengan cara diluncurkan. Bagi masyarakat yang mengerti keberadaan karhutla, kami meminta segera melapor agar cepat meminta, ”tuturnya. (Ab)

Editor : Jhonny

9 Titik Panas BPBD Sumsel Hot Spot sumsel

Related Post

Leave a reply

Loading...