Bahas Karthula, Presiden Jokowi Gelar Rapat Khusus di Pekanbaru Malam ini

KORDANEWS — Menteri Koordinasi Politik Hukum dan Keamanan, Wiranto menyatakan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menggelar rapat khusus menyikapi kebakaran hutan di wilayah Riau pada malam ini di Pekanbaru, Senin (16/9).

“Iya malam ini langsung rapat karhutla. besok baru beliau (Jokowi) dan kami kami akan langsung meninjau di lapangan,” kata Wiranto di Jakarta, Senin (16/9).

Menurut dia, banyak menteri yang diajak ikut serta. Selain Wiranto, ada Menko PMK Puan Maharani, Menteri LHK Siti Nurbaya, Kepala BNPB Doni Monardo, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Menteri Sosial Agus Gumiwang, dan menteri terkait lain juga diajak ikut serta.

“Menteri-menteri dan lembaga yang terkait langsung dengan masalah kebakaran hutan saya kira lengkap nanti,” ujar Wiranto.

Dia berdalih rapat khusus itu sebagai bukti gerak cepat pemerintah untuk menuntaskan masalah karhutla. Wiranto menyebut, jika tak ditangani dengan baik, pihaknya akan kedodoran, sehingga perlu dukungan dan penanganan sistematis mengenai hal ini.

“Jika tidak ditangani sistematis dan dengan suatu dukungan-dukungan yang memadai maka tentu kita akan kedodoran,” kata dia.

Wiranto menjelaskan, TNI dan unsur lain juga dilibatkan terkait hal ini. Pesawat untuk menurunkan hujan misalnya. Ada sekitar 52 helikopter dan moda udara yang sudah dikerahkan.

Selain itu, kekuatan udara juga disokong TNI. Wiranto menyebut ada dua pesawat jenis Casa dari TNI AU, satu CN-235, dan ditambah Hercules TNI. “Dari berbagai partisipasi. Dari pemerintah sendiri, dari menyewa, dari para pemilik perkebunan besar, semuanya sudah kita minta untuk berpartisipasi,” ujar dia. (net)

Editor : Jhonny

Bahas Karthula karhutla Presiden Joko Widodo Rapat Khusus riau sumsel

Related Post

Leave a reply

Tirto.ID
Loading...