Home Headline Lahan OKI Terbakar, Berdampak Kualitas Udara di Palembang Tak Sehat

Lahan OKI Terbakar, Berdampak Kualitas Udara di Palembang Tak Sehat

KORDANEWS – Kualitas udara di Sumatera Selatan (Sumsel) mencapai angka 192 atau kategori tidak sehat, pada Senin (14/10). Hal ini sebabkan kabut asap akibat karhutla di sejumlah tempat di wilayah Sumsel.

Kepala Bidang Penanganan Kedaruratan BPBD Sumsel, Ansori mengaratas dari pantauan, ada beberapa titik di wilayah Sumsel yang hingga saat ini masih terbakar. Meskipun begitu, dirinya mengaku belum mendapatkan datanya.

“Paling besar kebakaran lahan terjadi di OKI,” katanya saat dihubungi, Senin (14/10).

Kondisi karhutla di Sumsel mengalami peningkatan. Dimana total lahan yang terbakar sudah mencapai 144.291 hektar Dengan rincian paling luas terbakar yakni berada di wilayah Ogan Komering Ilir (OKI) yang mencapai 61.652 hektar Kemudian, disusul wilayah Musi Banyuasin (Muba)  dengan luasan yang terbakar mencapai 32.824 hektar. Serta, Banyuasin dengan luasan yang terbakar mencapai 24.845 hektar.

“Kami juga tengah melakukan TMC untuk mendatangkan hujan. Diharapkan hujan mampu meminimalisir karhutla di Sumsel,” harapnya.

Saat ini, sebanyak lima helikopter telah diterjunkan untuk melakukan waterboombing. Rinciannya, empat terjunkan di wilayah OKI. Sedangkan, satu helikopter diterjunkan di Palembang. Untuk helikopter lainnya masih dilakukan maintenance atau persiapan sebelum terbang serta untuk melakukan patroli.

Namun berdasarkan data BMKG selama tiga hari kedepan potensi dan intensitas hujan di wilayah Sumsel akan menurun. Dikarenakan, melemahnya Badai Tropis Hagibis di Laut Cina Selatan dan masih adanya pusat tekanan rendah di wilayah tersebut mengakibatkan adanya aliran massa udara ke arah pusat tekanan rendah tersebut dari wilayah Indonesia.

Pada tanggal 17 Oktober hingga 18 Oktober, kondisi angin timuran yang menuju pusat tekanan rendah di Samudera Hindia akan membawa uap air dari Laut Cina Selatan dan Laut Jawa menyebabkan potensi hujan di wilayah Sumsel bagian Barat-Utara (Kab. Musi Rawas, Kota Lubuk Linggau, Kab. Muba, Kab. Lahat, dan Kab. Muara Enim). (Ab)

Editor : Jhonny

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here