Berkat Jalan Penghubung, Pedagang Ikan Tidak Lagi Memutar

KORDANEWS-Ali adalah seorang pedagang ikan keliling. Dirinya sudah cukup lama berjualan ikan dan telah memiliki banyak pelanggan di berbagai desa di Kecamatan Campaka, Kabupaten Purwakarta, tak terkecuali di Desa Cisaat. Hanya saja, untuk menemui pelanggannya di desa tersebut, Ali membutuhkan usaha lebih.

Betapa tidak, dirinya terpaksa harus menempuh jalan memutar terlebih dahulu untuk bisa ke Desa Cisaat. Pasalnya, akses ke Desa Cisaat sangat buruk, sulit dilalui sepeda motor miliknya. Dirinya pun berhitung, mulai dari waktu, tenaga, bahan bakar, dan margin dari setiap ikan yang dijualnya. Hasilnya mudah ditebak, kecil.

Meski kecil, Ali tak mau mengecewakan pelanggannya. Pikirnya, biar kecil tapi tetap saja untung. Terlebih, dirinya bisa terus menjaga silaturahmi dengan para pelanggan setianya itu.

Namun, kisah yang dialami Ali itu berubah saat Desa Cisaat tersentuh program TNI Manunggal Membangun Desa atau TMMD ke-106 Kodim 0619/Purwakarta. Jalan rusak yang nyaris tak bisa dilewati kini berubah menjadi jalan beton yang membentang sepanjang 650 meter dengan lebar empat meter dan ketebalan 25 centimeter.

“Alhamdulillah kini tak perlu lagi menempuh jalur memutar. Aksesnya sudah lancar berkat bapak-bapak TNI. Dagangan saya bisa lebih cepat sampai di pelanggan dengan kondisi masih segar. Kalau sudah begini, dagangan saya cepat laris, pelanggan pun tersenyum manis,” kata Ali saat diajak berbincang usai melayani pelanggannya di Desa Cisaat, Kecamatan Campaka, Kabupaten Purwakarta, Jabar, Rabu (6/11/2019).

Ali merasa terbantu dengan adanya jalan penghung antara Desa Cisaat dengan Ciparungsari, karena sekarang dirinya tidak perlu lagi memutari melalui beda kampung.

 

editor  : red

No related post!

Leave a reply

Tirto.ID
Loading...