Siap Ikuti Kebijakan, Gubernur Sumsel : UN Harusnya Bukan Penentu Kelulusan

KORDANEWS — Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru menyampaikan dukungannya dan akan siap untuk menjalankan kebijakan baru dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem Makarim terkait penghapusan Ujian Nasional (UN) yang selama ini menjadi penentu kelulusan siswa.

 

 

 

“Kita siap untuk itu (jalankan kebijakan penghapusan UN). Namun belum tahun ini, dari Pak Menteri rencananya akan diberlakukan tahun depan,” kata Herman Deru, Jumat (13/12).

 

 

 

Apalagi menurutnya UN seharusnya bukan menjadi satu-satunya penentu kelulusan siswa, melainkan penilaian kelulusan siswa memandang keberhasilan dan arah siswa untuk menjadi anak yang berguna, bercita-cita besar dan berakhlak.

 

 

 

“Sebagai seorang pemimpin, saya tidak berfikir apakah siswa itu harus kuasai semua mata pelajaran, harus bisa jadi juara, harus naik kelas, tapi bagaimana kita melihat mereka nantinya bisa menjadi anak yang berguna, memiliki cita-cita besar dan berakhlak,” kata dia.

 

 

 

Walaupun begitu dalam menghapus UN memang tidak mudah dan bukan hal yang sederhana. Karena menurutnya akan banyak kajian terkait dengan rencana tersebut.

 

 

 

“Menghapus UN memang tidak sesederhana itu. Tidak sederhana hapus UN di segala segmen. Butuh banyak kajian. Dan kita menunggu itu,” jelasnya.

 

 

 

 

 

Editor : Jhonny

gubernur sumsel Herman deru Ujian Nasional un

Related Post

Leave a reply

Tirto.ID
Loading...