BI Launching QRIS Untuk Majukan UMKM Pempek

 

KORDANEWS – Kegiatan Launching tersebut di hadiri para pengusaha UMKM Pempek yang ada di Kota Palembang, berlangsung di Ballroom II Hotel Aryaduta Palembang, perwakilan dari Pemkot Palembang dan Pemprov Sumatera Selatan dan perwakilan Bank- Bank yang ada di Palembang, Kepala Bank Indonesia Wilayah Provinsi Sumatera Selatan Yunita Resmi Sari dan Filianingsih Hendarta sebagai Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia.

Dikatakan, Filianingsih Hendarta usai acara launching QRIS ini, QRIS adalah merupakan produk bersama dengan sudah mulai treen digital, di semua kehidupan kita sehari-hari, telah terpapar kegiatan digital, terutama teman-teman awak media tentunya.

“Treen digital ini telah merubah pola tingkah laku kita dalam sehari-hari, baik transaksi dalam membeli barang maupun jasa sudah beda, kalau dulu pakai uang tapi sekarang sudah enggak lagi, kita memakai non tunai, dan sekarang memakai smartphone kita, hal ini merupakan tuntutan dari masyarakat yang menginginkan transaksi dengan cepat, efisien, aman dan yang ketiga murah” jelasnya.

Menurutnya, kalau efisien, aman tapi mahal kan percuma juga, QRIS ini adalah quick respon yang terstandarisir, ini yang memberikan harapan-harapan tadi, cepat, aman, murah dan efisien, karena pedagang tidak perlu menyediakan macam-macam cukup dengan stiker yang bisa di scan oleh para pembeli yang mempunyai smartphone dan duit nya bisa langsung masuk.

“Jadi manfaat nya bagi konsumen sendiri tidak perlu repot-repot bawa duit, lalu untuk pedagang nya sendiri, dia juga menghindari itu, dulu kan report orang beli harus menyediakan kembalian dengan uang receh, kalau ini kan dengan uang pas dan terhindar dari uang palsu juga dan dia juga tidak perlu uang nya terkumpul baru orang nya setor ke bank, karena duit nya langsung masuk ke rekening” tambahnya.

Lebih lanjut dikatakan nya, kita berharap karena trennya begitu, nanti bisa orang asing yang datang dan domestik yang datang ke Palembang bisa menggunakan nya. Kenapa Bu Sari memilih pempek karena perlu ada yang mendorong makanan khas juga pariwisata, dan memudahkan pembeli juga wisatawan yang datang egk perlu repot-repot kalau ingin membeli, cukup dengan scan, kita memilih Palembang karena kota yang memiliki keunikan khusus, karena enggak ada pempek di kota lain, selain Palembang karena itu Palembang menjadi contoh.

“Pedagang juga diuntungkan karena bisa memakai semua, kalau dulu cuma satu, misalnya OPPO, OPPO saja, sekarang yang standarisir, jadi pakai apapun bisa, enggak perlu punya semua, walau pun pakai OPPO dan yang lainnya, asal ada uang nya dengan di topup terlebih dahulu” pungkasnya. (eh)

 

Editor : Chandra.

Bank Indonesia sumsel

Related Post

Leave a reply

Tirto.ID
Loading...