Home Peristiwa Shady Habash Sang Sutradara Pengkritik Presiden Mesir Meninggal Di Penjara

Shady Habash Sang Sutradara Pengkritik Presiden Mesir Meninggal Di Penjara

KORDANEWS – Shady Habash, seorang sutradara muda Mesir yang dipenjara karena membuat video musik yang kritis terhadap Presiden Abdul Fattah al-Sisi meninggal di penjara Kairo. Hal ini diungkapkan oleh pengacaranya pada Sabtu (2/5).

Habash yang masih berusia 24 tahun meninggal di penjara Tora, kata pengacaranya Ahmed al-Khawaga. Namun dia sendiri tak bisa memberikan penyebab kematiannya.

“Kesehatannya telah memburuk selama beberapa hari. Dia dirawat di rumah sakit, kemudian kembali ke penjara kemarin malam di mana dia meninggal di malam hari,” katanya kepada AFP, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Jaringan Arab untuk Informasi Hak Asasi Manusia (ANHRI) mengatakan dalam sebuah posting Twitter bahwa Habash meninggal akibat dari “kelalaian dan kurangnya keadilan.

Tak dimungkiri, kelompok-kelompok hak asasi manusia secara rutin menyoroti kondisi penjara yang buruk di Mesir, salah satunya karena penuh sesak. Khawatir penyebaran virus di penjara yang penuh sesak, pembela HAM menyerukan pembebasan tahanan politik dan tahanan yang menunggu persidangan.

Menurut beberapa LSM, sekitar 60.000 tahanan di Mesir adalah tahanan politik, termasuk aktivis sekuler, jurnalis, pengacara, akademisi, dan Islamis yang ditangkap dalam penumpasan yang berkelanjutan terhadap perselisihan sejak penggulingan presiden Islamis 2013 Mohamed Morsi.

Dalam pernyataannya pada Kamis, PEN America menggambarkan kematian Habash dalam tahanan sebagai “pukulan telak bagi kebebasan”.

“Dengan kematian Habash, (Sisi) telah mengirimkan sinyal yang mengganggu ke seluruh dunia: Memberikan pandangan yang tidak disetujuinya dan Anda mungkin menghadapi hukuman mati secara de facto,” kata Julie Trebault, direktur program Seniman di Risiko oleh PEN America.

Sejak awal Maret, karena pandemi virus corona yang baru, pihak berwenang telah menangguhkan kunjungan dan pekerjaan pengadilan, yang semakin mengisolasi tahanan.

“Karena berbagai upaya yang diambil terhadap virus corona, tidak ada yang dapat melihat (Habash)” baru-baru ini, kata Khawaga.

Habash sendiri pernah mengungkapkan perasaannya di penjara pada Oktober, dalam sepucuk surat yang diunggah Sabtu di Facebook oleh aktivis Ahdaf Soueif.

“Bukan penjara yang membunuh, kesepian yang membunuh … Aku mati perlahan setiap hari,” tulisnya.

Habash ditahan pada Maret 2018, dituduh “menyebarkan berita palsu” dan “memiliki organisasi ilegal.”

Dia ditangkap setelah mengarahkan video musik untuk lagu “Balaha” oleh penyanyi rock Ramy Essam. Video ini sudah ditonton lebih dari lima juta kali di YouTube.

Lirik lagu lambast “Balaha” – nama yang diberikan kepada Sisi oleh orang-orang yang kontra terhadapnya. Nama ini mengacu pada karakter dalam film Mesir yang dikenal sebagai pembohong terkenal.(DBS)

Editor: John.

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here