Home Peristiwa Jorok ! Jalan Lingkar Lahat Dipenuhi Tumpukan Sampah

Jorok ! Jalan Lingkar Lahat Dipenuhi Tumpukan Sampah

KORDANEWS – Puluhan petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Lahat, bersama perangkat desa, dan personel Polsek Kota Lahat, gotong royong melakukan pembersihan tumpukan sampah yang berada di pinggir Jl Lingkar Sumatera, Desa Manggul Lahat, yang sebelumnya sudah tidak enak dipandang.

“Tiga armada truk sampah kita kerahkan. Ya no comment la, kalau himbauan sudah sering diberikan,” ujar M Jhonliadi, Kabid LB3 dan Peningkatan Kapasitas DLH Lahat, Senin (18/5 ).

Menumpuknya sampah di lokasi tersebut, bukan kali pertama. Bahkan tahun 2019 lalu, Wakil Bupati Lahat, Haryanto sempat meninjau lokasi setelah menindaklanjuti laporan masyarakat.

Adanya oknum masyarakat, yang sengaja membawa sampah dari luar desa ke lokasi tersebut. Diduga kuat jadi penyebab, lokasi tersebut tampak kumuh oleh sampah.

“Jalan Lingkar ini, jalan yang dilintasi bayak orang dari luar Lahat. Kita samua harus peka, apalagi kebersihan itu bagian dari iman. Kalau informasi Kades, orang luar Desa Manggul yang buang sampah ini,” terang Kapolsek Kota Lahat, Iptu Irsan.

Sementara, Kades Manggul, Hermansyah membenarkan sampah itu sengaja dibawa dari wilayah lain. Hasil penelusuran perangkat desa, asal sampah itu diduga dari Pasar PTM Lahat, dan sengaja dibuang ke wilayah desanya.

“Untuk masyarakat kita, sudah disediakan tempat penampungan sementara. Selain itu, pihaknya juga bekerjasama dengan DLH untuk pengangkutan sampah. Kedepan lokasi ini akan kita pagar, agar tidak bisa lagi asal buang sampah,” ucapnya. (Jml)

 

 

 

 

 

Editor : Jhonny

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here