Home Kriminal Bentrokan Mematikan Di Bengaluru India Atas Posting Nabi Muhammad Facebook

Bentrokan Mematikan Di Bengaluru India Atas Posting Nabi Muhammad Facebook

KORDANEWS – Setidaknya tiga orang tewas di kota Bengaluru, India selatan, setelah pengunjuk rasa bentrok dengan polisi atas unggahan media sosial yang provokatif tentang Nabi Muhammad, kata polisi kepada kantor berita Reuters.

Postingan Facebook yang menyinggung Muslim memicu protes di pusat teknologi India pada Selasa malam di mana sebuah kantor polisi diserang, dan rumah serta kendaraan seorang politisi dibakar.

“Situasi terkendali,” kata Kepolisian Kota Bengaluru di Twitter, menambahkan bahwa polisi menembakkan peluru tajam untuk membubarkan massa setelah menggunakan gas air mata dan pentungan.

“Meskipun sesepuh masyarakat berusaha menenangkan massa, massa membakar kendaraan di jalan, mereka menyerang kantor polisi,” kata Komisaris Polisi Kamal Pant.

“Polisi tidak berhasil melarikan diri dan mereka terpaksa menembak dan tiga orang tewas,” kata Pant, menambahkan bahwa 110 orang telah ditangkap karena dituduh melakukan perusakan dan menyerang polisi.

Seorang pejabat polisi mengatakan undang-undang darurat yang melarang pertemuan telah diberlakukan di Bengaluru, kota berpenduduk 12 juta orang yang paling dikenal sebagai Lembah Silikon India.

Elizabeth Puranam dari Al Jazeera, melaporkan dari New Delhi, mengatakan para pengunjuk rasa memaksa bisnis ditutup.

“Polisi mengatakan sekelompok besar orang terpecah menjadi dua kelompok dan pergi ke sekitar lingkungan itu memaksa pemilik toko untuk menutup kios mereka, merusak properti, membakar kendaraan sebelum pergi ke dua kantor polisi yang berbeda,” kata Puranam.

Orang di belakang postingan FB ditangkap
Pant mengatakan orang yang bertanggung jawab atas pos ofensif telah ditangkap. Itu memberi nama depan pria yang dituduh sebagai Naveen, dan mengatakan dia adalah keponakan politisi Kongres R Akhanda Srinivasa Murthy, yang rumahnya diserang dan dibakar dalam kekerasan itu.Posting, yang dilaporkan melibatkan Nabi Muhammad, telah dihapus. Facebook tidak segera mengomentari masalah tersebut.

Editor: John.W

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here