Home Health Manfaat Daun Salam: Air Rebusannya Manjur

Manfaat Daun Salam: Air Rebusannya Manjur

KORDANEWS – Bagi para Bunda yang aktif di dapur untuk menyajikan makanan lezat untuk keluarga setiap hari. Pasti sangat familiar dengan daun salam. Karena daun tanaman ini adalah daun rempah khas masakan Nusantara.

Cukup tambahkan daun salam sebagai salah satu rempah dalam membuat olahan daging, sup, sayur ataupun masakan lainnya. Aroma makanan akan lebih harum, kaya rasa dan gurih saat disantap.

Namun, ternyata bukan soal fungsinya saja sebagai penyedap rasa. Daun tanaman salam juga telah dipercaya digunakan sebagai obat herbal sejak zaman dahulu.

Sebelum mengetahui lebih lanjut manfaat dari rebusan daun salam, berikut fakta menarik yang perlu disimak:

Salam adalah nama pohon penghasil daun rempah yang biasa digunakan sebagai bumbu dapur bagi masyarakat Indonesia.
Dalam bahasa Inggris, daun tanaman bernama latin Syzygium polyanthum ini dikenal sebagai Indonesian bay-leaf atau Indonesian laurel.
Di Indonesia sendiri, salam memiliki banyak nama lain. Yaitu ubar serai (Melayu), manting (Jawa) dan meselengan (Sumatra).
Pohon salam bisa tumbuh dengan tinggi mencapai 30 meter (m) dan hidup secara liar di hutan. Tanaman ini juga mudah ditanam di halaman rumah atau kebun.
Salah satu karakteristik dari daun tanaman salam adalah aromanya yang harum.

Tak salah jika daun salam telah lama diandalkan sebagai salah satu ramuan obat herbal tradisional terbaik. Karena begitu banyak kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Dengan kandungan yang kaya, berikut ini daftar khasiat daun salam untuk kesehatan:

1. Menyehatkan Pencernaan
Daun salam memiliki efek yang sangat kuat pada sistem pencernaan. Kandungan di dalamnya membantu melancarkan buang air kecil, menurunkan kadar racun dalam pencernaan dan meredakan sakit perut.

Apa yang terdapat di dalam rebusan daun salam juga efektif untuk mengatasi iritasi usus besar dan mengurangi gejala penyakit celiac yang merupakan penyakit autoimun akibat konsumsi gluten.

Selain itu, enzim yang dibawa daun salam akan membantu mencerna protein yang sulit diproses dalam tubuh, sehingga penyerapan nutrisinya lebih maksimal.

2. Menjaga Kesehatan Jantung
Asam caffeic dan senyawa organik penting yang dapat ditemukan dalam daun salam mampu meningkatkan kesehatan jantung.

Konsumsi air rebusan daun salam dapat memperkuat dinding kapiler di jantung dan menurunkan kadar kolesterol jahat pada sistem kardiovaskular.

3. Menangkal Penyakit Kanker
Kombinasi antioksidan dan senyawa organik dalam daun salam, termasuk fitonutrien, katekin, linalool, dan parthenolide. Terbukti menahan perkembangbiakan sel kanker serviks dan membantu melindungi tubuh dari efek radikal bebas.

Radikal bebas dapat menyebabkan sel sehat bermutasi menjadi sel kanker. Daun salam sangat efektif dalam mencegah hal tersebut terjadi.

4. Bersifat Antiinflamasi
Salah satu manfaat terpenting daun salam adalah kemampuannya untuk mengurangi peradangan di seluruh tubuh. Daun ini mengandung fitonutrien unik bernama parthenolide yang dapat dengan cepat mengurangi peradangan dan iritasi.

Ia akan bekerja saat dioleskan ke area yang mengalami peradangan, seperti sendi yang sakit atau area yang terkena artritis. Efek ini juga bisa didapatkan melalui konsumsi daun salam dalam bumbu masakan.

5. Mengatasi Kecemasan dan Stres
Daun salam dapat membantu menurunkan tingkat hormon stres dalam tubuh, terutama bila digunakan sebagai aromaterapi. Cocok bagi kamu yang suka wewangian dalam rumah.

6. Menjaga Fungsi Saraf
Konsumsi air rebusan daun salam secara teratur akan membuat kamu mendapatkan manfaat vitamin C, asam folat, vitamin A, antioksidan alami, serat makanan dan vitamin B seperti niasin, piridoksin, asam pantotenat dan riboflavin.

Konsumsi 4 sampai 5 daun salam secara teratur akan membantu dalam fungsi sistem saraf, sintesis enzim dan mengatur metabolisme tubuh.

7. Mengobati Diabetes
Daun salam berjasa dalam menurunkan kadar glukosa darah, kolesterol, dan trigliserida, sehingga bermanfaat untuk menyembuhkan diabetes tipe 2.

Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu bisa mengeringkan daunnya dan menjadikannya bubuk, kemudian mengonsumsinya secara rutin dengan menambahkan satu sendok teh menjadi dua ke dalam 200 mililiter (ml) air.

Antioksidan dalam daun salam mendukung tubuh untuk memproses insulin dengan lebih efisien, menjadikannya pilihan yang baik bagi penderita diabetes dan penderita resistensi insulin.

Yang menjadi catatan, daun salam juga bisa menyebabkan penurunan kadar gula darah berlebih yang tidak terkontrol. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk takaran yang tepat.

Cara Merebus Daun Salam

Banyak sekali manfaat rebusan daun salam untuk kesehatan. Untungnya, mudah sekali untuk merebus daun salam menjadi minuman kesehatan:

Toppers cukup merebus 3 gelas air.
Lalu, tambahkan 10 lembar daun salam.
Rebuslah sampai air tersisa hanya satu gelas.
Ramuan minuman daun salam pun siap dikonsumsi.

Ternyata selain memiliki aroma khas dan membuat masakan jadi lebih nikmat, daun salam juga berkhasiat dalam mendukung kesehatan tubuh. Yang perlu diingat, konsultasikan ke dokter untuk mendapat takaran yang pas dalam memanfaatkannya sebagai obat herbal.

Editor :John.W

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here