Home Health Kesehatan Merupakan Setiap Hak Fundamental Manusia

Kesehatan Merupakan Setiap Hak Fundamental Manusia

KORDANEWS—— Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan (Kadinkes Prov Sumsel) Lesty Nurainy membuka secara resmi
Rapat Koordinasi Saka Bakti Husada (SBH)Tingkat Kabupaten/Kota se-Sumsel Tahun 2017 di Hotel Horison Ultima, Jumat (24/03).


Dalam sambutannya Lesty menyampaikan, kesehatan merupakan hak fundamental setiap manusia. Oleh karena itu, menjadi tanggung jawab semua pihak agar hak ini dapat diperoleh semua rakyat, tanpa terkecuali. 

“Ada beberapa potensi untuk mendukung keberhasilan program-program kesehatan. Dalam kelompok masyarakat ada kelompok usia remaja-muda, karena kelompok usia ini menerima dan mengolah informasi dengan cepat dan tanggap, mudah mengembangkan keterampilan, serta dapat menggerakkan orang lain,” urainya.

Lanjutnya, Oleh karena itu, pemerintah membidik Gerakan Praja Muda Kirana (Pramuka) sebagai mitra potensial dalam pembangunan kesehatan. 

Pada tanggal 17 Juli 1985, Departemen Kesehatan bersama dengan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, membina sekelompok generasi muda di Indonesia dalam bidang kesehatan melalui pembentukan Satuan Karya Pramuka Bakti Husada (Saka Bakti Husada).
“Tujuan pembentukan Saka Bakti Husada adalah untuk mewujudkan kader pembangunan di bidang kesehatan, yang dapat membantu melembagakan norma hidup sehat bagi semua anggota Gerakan Pramuka dan masyarakat di lingkungannya,” ujarnya.Ia menambahkan, Saka Bakti Husada juga berperan sebagai pelopor hidup sehat bagi diri  sendiri, keluarga, dan masyarakat di sekitarnya, sejalan dengan tujuan Pembangunan kesehatan, yakni meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan untuk memelihara dan meningkatkan derajat kesehatan yang optimal.

“Kami memberikan Pengetahuan dan keterampilan di bidang kesehatan secara extrakurikuler agar ada kesadaran, kemauan dan kemampuan untuk hidup sehat serta menularkannya kepada masyarakat,” katanya.
Kepengurusan SBH sudah ada di 13 kabupaten/kota sedangkan sebanyak 4 Kabupaten/kota lainnya seperti kabupaten Pali,

Empat Lawang, OKU Timur dan Muratara, yang rencananya akan dilaksanakan pelantikan dan pengukuhan pada bulan April 2017.
Sementara itu Wakil Kwarda Pramuka Sumsel, Rusli Nawi mengatakan, SBH merupakan koordinasi Ptamuka dengan pemerintah.

“Kita bekerjasama dengan pemerintah menggalakkan hidup sehat dan bersih. Saat ini
ada 6  kabupaten yang terlibat, Insya Allah dengan 3 kali kegiatan sudah selesai,” ucapnya.

Pada dasarnya Pramuka dan para medis sudah  mengabdi.  Pramuka dan para medis disetiap cabang dari desa ke desa jadi akan 

“Antara perawat, bidan dan dokter dengan tenaga pramuka  akan di sikronkan, karena itu pasti akan sama mereka dibidang medis dan pramuka dengan keterampilan khusus,” tutupnya.

 

Editor : awan

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here