Home Sumsel Nyaris Roboh, Rumah Novrizal Kini Layak Huni

Nyaris Roboh, Rumah Novrizal Kini Layak Huni

Kordanews – Pemerintah Kota Palembang, bekerja sama dengan Baznas membedah rumah Novrizal.

Lokasinya di Jalan Rawa Sari No 2443 RT 038 RW 011, Kelurahan 20 Ilir, kecamatan Kemuning.

Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda meresmikan rumah yang sudah dibedah itu, Rabu (27/10/2021).

“Alhamdulillah, saya sekarang punya rumah layak huni. Terima kasih kepada Ibu Wawako, Pemkot Palembang dan Baznas yang sudah memberikan bantuan,” ujar Novrizal, si pemilik rumah.

Sebelum dibedah, kondisi rumah Novrizal sangat memprihatinkan. Rumah kayu itu nyaris roboh karena kerap dilanda banjir.

“Ini rumah peninggalan orang tua. Sudah 40 tahun tidak diperbaiki karena tidak ada dana,” ujar Novrizal, yang sehari – hari kerja serabutan.

Fitrianti Agustinda sangat mengapresiasi kinerja Baznas.

“Ini bedah rumah unit ke 21. Alhamdulillah, kami apresiasi kerja Baznas. Terlebih adanya target satu bulan satu rumah, mudah-mudahan bisa tercapai target Baznas,” ujar Fitrianti.

Ia juga mengapresiasi keinginan Baznas memberikan rumah berikut lahannya kepada warga miskin.

“Nah, cita-cita ini yang pasti harus kita dukung. Harapan kita dapat mengurangi angka kemiskinan dan rumah tidak layak huni di Kota Palembang.”

Keinginan Baznas ini lanjut Fitri bisa tercapai, karena berdasarkan data, ada 1,6 juta jiwa masyarakat kota Palembang. jika 50 persennya membayarkan zakat, tentu hal ini dapat tercapai.

“Saya juga berharap agar Baznas tidak menghimpun zakat ASN saja. Ke depan menggandeng perusahaan agar dapat menyalurkan kewajiban zakat melalui Baznas. Jadi, Baznas Kota Palembang membanu menghimpun dana zakat dan tentunya disalurkan kepada penerima yang tepat sasaran,” kata dia.

Ketua Baznas Kota Palembang, Kgs M Ridwan Nawawi, mengatakan, tantangan program bedah rumah satu bulan satu rumah bisa terwujud, jika masyarakat kompak.

“Bahkan, rencana kita nanti ada program dua bulan sekali kita berikan rumah langsung berikut dengan lahan dan sertifikat rumahnya, untuk warga yang memang tidak mampu dan tidak memiliki rumah. Asal sesuai kriteria,” ujar Ridwan.

Ia menambahkan, Baznas juga berencana membangun bedeng, yang akan dihuni warga tidak mampu secara gratis, tidak dipungut sewa.”Jadi, selama warga ini belum memiliki tempat tinggal layak, maka dia bisa menunggu bedeng yang akan kita siapkan nanti. Sekarang lagi proses mencari lahannya, mudah-mudahan bisa terwujud.”

Ia juga berharap agar masyarakat dapat membantu, terutama berzakat melalui UPZ yang ada di kecamatan dan siap menghimpun dana ummat.

“InsyaAllah amanah. Kami juga menyediakan program selain bedah rumah. Antara lain program bidang pendidikan, kesehatan dan lainnya, mudah-mudahan bermanfaat,” kata Ridwan.

Editor : Admin.

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here