Home Health Jumlah Kalori Roti Gandum dan Kandungan Nutrisinya

Jumlah Kalori Roti Gandum dan Kandungan Nutrisinya

KORDANEWS – Roti gandum dinilai lebih sehat daripada roti putih. Salah satu alasannya adalah karena makanan sehat satu ini mengandung serat yang lebih tinggi dan rendah karbohidrat. Jenis roti ini terbuat dari tepung biji gandum utuh sehingga punya tekstur yang lebih kasar.

Di beberapa negara, roti gandum ditaburi dengan jenis biji-bijian lain di atasnya, supaya lebih menarik dan menambah kandungan nutrisi. Berikut beberapa fakta gizi roti gandum yang perlu kamu ketahui.

1.Karbohidrat
Roti gandum penuh dengan karbohidrat kompleks yang bisa membuat kamu kenyang lebih lama. Sepotong roti gandum rata-rata mengandung sekitar 12-20 gram karbohidrat total. Beberapa roti gandum mungkin mengandung karbohidrat tambahan dari gula tambahan. Jadi pastikan kamu membaca informasi pada label yang tertera dalam bungkusnya, untuk mengetahui besaran gula tambahan yang terkandung dalam roti.

2. Lemak
Nah, roti gandum dinilai lebih sehat karena tidak mengandung lemak sama sekali, kecuali jika roti gandum dibuat dengan minyak tambahan. Namun, pastikan kamu memeriksa label dalam kemasan untuk melihat apakah ada kandungan minyak dalam roti.

3. Protein
Gandum utuh bukan hanya sumber karbohidrat kompleks yang baik tetapi juga sangat tinggi protein nabati. Sepotong roti gandum utuh dapat mengandung hingga 5 gram protein.

4. Vitamin dan Mineral
Ada banyak kandungan vitamin dan mineral dalam roti gandum. Sebagian besar roti gandum mengandung sejumlah kecil zat besi, kalium, dan vitamin B thiamin, riboflavin, niasin, dan folat.

Beragam Manfaat Kesehatan dari Mengonsumsi Roti Gandum
Kandungan nutrisinya yang beragam membuat roti gandum mampu memberikan berbagai manfaat kesehatan berikut ini:

1. Melancarkan pencernaan
Serat adalah nutrisi penting untuk kesehatan pencernaan. Mengonsumsi banyak serat dapat membuka jalan bagi bakteri sehat yang tinggal di usus untuk berkembang biak. Selain melancarkan pencernaan, bakteri baik juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Meningkatkan kesehatan jantung
Biji-bijian utuh sering dikaitkan dengan kesehatan jantung. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam British Medical Journal mengungkapkan, mengonsumsi biji-bijian mampu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dan penyakit jantung koroner secara signifikan.

3. Mengurangi risiko diabetes tipe 2
Sebuah tinjauan 2018 dalam jurnal Nutrients menyimpulkan sebagian besar penelitian menunjukan, bahwa rutin mengonsumsi makanan gandum utuh mampu menurunkan risiko diabetes tipe 2.

4. Menjaga berat badan
Roti gandum utuh memberikan efek yang saling berkebalikan dari roti putih biasa. Sebuah tinjauan yang mengumpulkan data dari 38 studi epidemiologi mengungkapkan, konsumsi roti gandum tidak menyebabkan penambahan berat badan dan justru dapat menjaga berat badan tetap ideal.

Editor : Jhon.W

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here