Home Health Penasaran Apa Saja Kandungan Gizi yang Ada dalam Air Tajin?

Penasaran Apa Saja Kandungan Gizi yang Ada dalam Air Tajin?

KORDANEWS – Saat memasak nasi, kamu perlu menyingkirkan air yang digunakan untuk mencuci beras agar rasa yang dihasilkan nikmat. Namun, beberapa orang memilih untuk menyimpan air tersebut dibandingkan membuangnya untuk dimanfaatkan. Sebab, dipercaya jika cairan yang disebut air tajin ini memiliki kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Apa saja kandungan gizinya? Ketahui jawabannya di sini!

Berbagai Kandungan Gizi pada Air Tajin
Tidak banyak orang yang tahu jika air yang biasa dibuang saat akan memasak nasi ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Cara ini ternyata sudah dilakukan sejak berabad-abad lalu di beberapa daerah di Asia untuk mengatasi beberapa masalah seperti gangguan kulit, rambut, dan lainnya.

-Protein sebesar 16 persen.
-Lipid sebesar 10 persen.
-Trigliserida sebesar 10 persen.
-Pati sebesar 9 persen.

Nah, semua kandungan yang disebutkan adalah perkiraan dari kandungan gizi ini juga terkandung pada dua gelas air tajin yang sudah diolah.

Air tajin, atau air beras, dipercaya kaya akan kandungan nutrisi dan pati yang sangat baik untuk dikonsumsi. Selain itu, cairan ini juga disebut-sebut mengandung karbohidrat, inositol tanaman, dan masih banyak zat organik lainnya.

Jika kamu ingin tahu lebih lengkap terkait berbagai kandungan nutrisi pada air tajin dan segala manfaatnya bagi kesehatan, dokter dari Halodoc siap membantu untuk memberikan jawaban. Dengan download aplikasi Halodoc, kamu bisa berinteraksi dengan ahli medis di mana saja dan kapan saja sesuai dengan keinginan. Jangan ragu lagi, segera unduh aplikasinya!

Berbagai Manfaat dari Air Tajin untuk Kesehatan
Ada berbagai macam manfaat yang bisa dirasakan dengan mengonsumsi air tajin secara rutin setiap hari. Berikut adalah beberapa manfaatnya yang perlu kamu ketahui:

1. Meningkatkan Sistem Imun dan Metabolisme
Air beras sangat bagus untuk meningkatkan kekebalan dan dapat mencegah beberapa jenis infeksi dan penyakit. Selain itu, jumlah vitamin dan mineral yang cukup dapat membantu untuk meningkatkan metabolisme. Maka dari itu, air tajin sangat bagus untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

2. Membantu Mencegah Degenerasi Otot
Seseorang dapat mengalami masalah degradasi protein dan degenerasi otot apabila jumlah asam amino pada tubuhnya tidak memadai. Namun, air beras memiliki 8 jenis asam amino yang berbeda, yang dapat membantu untuk mencegah terjadinya semua masalah tersebut.

3. Membantu untuk Mencegah Sembelit
Apabila kamu sedang kesulitan untuk buang air besar secara rutin dan juga mengalami sembelit, konsumsi air tajin dapat membantu untuk mengatasi masalah ini. Nutrisi yang terkandung pada air beras ini dapat membantu untuk meredakan gejala sembelit dan masalah pencernaan lainnya.

4. Membuat Pikiran dan Tubuh Rileks
Air beras dapat membantu kamu merasa rileks dan segar kembali karena sifatnya yang menenangkan. Kamu dapat menambahkan air tajin ke tempat berendam dan berdiam di dalam air selama beberapa waktu agar mendapatkan perasaan santai dan tenang. Tentu saja, hal ini dapat membuat kulit semakin sehat.

5. Membantu Mengatasi Diare
Cairan ini termasuk salah satu pengobatan rumahan terbaik untuk mengatasi diare, baik pada orang dewasa maupun bayi. Hal ini ampuh untuk dilakukan karena air beras dapat membuat perut menjadi tenang dalam waktu yang singkat dan akhirnya diare dapat teratasi.

Itulah pembahasan mengenai berbagai kandungan yang terdapat pada air tajin dan manfaatnya untuk kesehatan. Dengan mengetahui hal ini, kamu mungkin saja mulai mengonsumsinya secara rutin agar mendapatkan berbagai manfaatnya. Meski begitu, jangan berlebihan karena mungkin saja ada dampak buruk yang dapat terjadi.

Editor : Jhon.W

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here