Home Health Manfaat Daun Jambu Biji untuk Lambung

Manfaat Daun Jambu Biji untuk Lambung

KOKRDANEWS -Ada banyak jenis daun tanaman yang dimanfaatkan untuk kesehatan, tak terkecuali jambu biji. Selain meredakan diare, beberapa orang juga mencari manfaat daun jambu biji untuk lambung. Lantas, apakah ini sudah terbukti?

Manfaat daun jambu biji untuk lambung
potensi manfaat daun jambu biji untuk lambung

Daun jambu biji kaya akan senyawa tanaman atau fitokimia yang berpotensi memberikan manfaat untuk lambung. Apa sajakah itu?

1. Mengurangi tukak lambung

Tukak lambung adalah luka yang ada lapisan permukaan lambung. Gejala tukak lambung yang paling umum adalah perut terasa perih.

Gejala yang muncul ini biasanya lumrah disebut dengan maag.

Studi terbitan Biomarkers (2021) menemukan bahwa manfaat daun jambu biji berpotensi mengurangi luka lambung.

Penelitian ini menemukan bahwa ekstrak daun jambu biji mampu meningkatkan jumlah lapisan lendir pelindung lambung sekaligus menurunkan pengeluaran asam lambung.

Jika jumlah lapisan lendir meningkat, permukaan lambung dapat terlindung dari paparan asam lambung.

Perlu diketahui, asam lambung bisa berpotensi menyebabkan luka pada lambung jika lapisan lendir ini bermasalah.

Potensi ini didapat dari kandungan fenol, flavonoid, saponin, dan minyak esensial pada daun jambu biji.

Meski demikian, riset ini baru diuji coba pada tikus. Oleh karena itu, efektivita manfaat daun jambu biji untuk lambung manusia masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

2. Menurunkan risiko GERD
Jika Anda merasa lambung dan kerongkongan panas seperti terbakar, ada kemungkinan Anda mengalami refluks asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD).

Kondisi ini muncul karena cairan asam lambung naik ke arah kerongkongan sehingga mengiritasi lapisan lambung dan kerongkongan.

Iritasi inilah yang membuat Anda merasakan sensasi terbakar atau heartburn.

Salah satu faktor risiko GERD adalah adanya peradangan dan stres oksidatif pada tubuh. Stres oksidatif muncul akibat adanya paparan radikal bebas.

Daun jambu biji kaya akan berbagai senyawa fenolik yang bersifat antioksidan. Nantinya, sifat antioksidan ini membantu menangkal radikal bebas.

Beberapa senyawa fenolik ini, di antaranya:

quercetin,
caryophyllene,
guaijaverin,
ferulic acid,
pyrocatechol,
taxifolin,
ellagic acid,
caffeic acid, dan
gallic acid.

Selain itu, senyawa quercetin, caryophyllene, dan guaijaverin juga bersifat anti-inflamasi sehingga membantu menurunkan peradangan.

Memang, kandungan daun jambu biji bersifat antioksidan dan antiperadangan sehingga berpotensi mengurangi penyebab GERD.

Meski demikian, belum ada studi yang langsung meneliti daun jambu biji untuk GERD pada manusia. Oleh karena itu, keampuhannya belum terbukti secara pasti.

3. Meredakan gastritis
Gastritis adalah peradangan pada lapisan permukaan lambung. Kondisi ini muncul akibat adanya infeksi bakteri Helicobacter pylori.

Dalam hal ini, manfaat daun jambu biji untuk lambung berpotensi sebagai antibakteri.

Mengutip penelitian terbitan Foods (2021), ekstrak daun jambu biji mengandung senyawa yang bersifat antimikroba, seperti:

asam fenolik,
flavonoid,
terpenoid,
glokosida, dan
saponin.
Beberapa senyawa ini bekerja dengan cara menghambat perkembangan dinding sel bakteri dan menekan racun yang diproduksi bakteri yang bisa membahayakan kesehatan tubuh.

Selain itu, kandungan jambu biji tersebut juga menghambat produksi tenaga untuk bakteri sehingga perkembangan bakteri pun terganggu.

Studi ini menemukan bahwa ekstrak daun jambu biji efektif untuk mengatasi berbagai jenis bakteri yang ada pada saluran pencernaan, seperti:

Pseudomonas aeruginosa,
Escherichia coli,
Streptococcus faecalis,
Staphylococcus aureus, dan
Bacillus subtilis.
Selain itu, beberapa senyawa yang ada pada daun jambu biji juga bersifat anti-inflamasi. Jadi, daun ini juga berpotensi mengendalikan peradangan yang muncul pada gastritis.

Meski demikian, studi ini belum menguji pengaruh daun jambu biji terhadap bakteri Helicobacter pylori secara langsung. Jadi, potensi ini tetap harus diteliti lebih lanjut.

Editor :boboy

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here