Home Headline Basarnas Berhasil Evakuasi 549 Pendaki Rinjani

Basarnas Berhasil Evakuasi 549 Pendaki Rinjani

KORDANEWS- Sebanyak 549 orang pendaki dan satu jenazah yang terjebak di Rinjani sudah berhasil dievakuasi. 3 orang di antaranya yakni porter dan guide saat ini masih dalam perjalanan lewat jalur darat.

“549 orang yang sudah terevakuasi, tinggal yang tadi 3 (porter dan guide) tadi. 549 dengan tiga terakhir,” ujar Direktur Operasional Brigjen TNI Bambang Suryo Aji di Kecamatan Sembalun, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), Selasa (31/7/2018).

Bambang mengatakan pihaknya sudah mempersiapkan jalur evakuasi melalui jalur darat dan udara. Tiga orang pendaki yang merupakan pegawai LKPP dan satu jenazah dievakuasi menggunakan helikopter.

“Sudah (strategi evakuasi) darat dan udara. Kami menyiapkan untuk evakuasi dengan heli, kedua melalui darat. Yang darat harus lebih awal, tadi kami sudah berangkatkan,” ujarnya.

Bambang menjelaskan saat ini proses evakuasi dipastikan hampir berakhir. Namun, menurut dia, petugas tetap bersiaga jika ditemukan pendaki lain yang masih terjebak di Rinjani.

“Jadi sekarang sudah tidak ada korban lagi, baik yang meninggal, tiga orang lainnya (porter dan guide) dengan potensi TNI, Polri, TNGR. Kita tunggu sampai ke bawah,” ujarnya.

Sementara itu, jenazah pendaki dari Makassar, Mochammad Ainul Taksim, telah dibawa ke RS Soedjono, Selong, Lombok Timur. Selanjutnya jenazah akan diterbangkan ke kampung halamannya.

“Tentunya diidentifikasi dulu (di rumah sakit), dicek dulu. Setelah itu ditemukan dengan pihak keluarga nanti selanjutnya pihak keluarga mungkin akan membawa ke Makassar,” ujarnya.

Editor : red

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here