Operasi Zebra Berakhir, Total 1.010 Pengendara Ditilang

KORDANEWS – Setelah 13 hari Operasi Zebra yang berlangsung sejak 30 Oktober-12 November 2018 serentak di seluruh Indonesia, khusus di wilayah hukum Polres Lubuk Linggau, sebanyak 1.010 pengendara mobil maupun sepeda motor terkena tilang dalam ops zebra.

Kapolres Lubuklinggau AKBP Dwi Hartono melalui Kasat Lantas AKP Feby Febiyana mengatakan, pelanggaran didominasi pengendara sepeda motor tidak menggunakan helm paling banyak yakni ada 256 pelanggar, dan 144 adalah banyaknya pengendara yang melawan arus.

Selain itu pengendara yang menggunakan HP saat berkendara ada 12 tilang, untuk pengedara dibawah umur sebanyak 55 tilang, dan untuk lain-lain sebanyak 321 pengendara ditilang.

“Untuk pengendara yang tidak menggunakan helm, mereka kebanyakan beralasan lupa memakai, dan hanya untuk keluar berkendara hanya sebentar, apapun alasannya itu tetap melanggar aturan berkendara di jalan raya,” katanya.

Sedangkan untuk pengedara roda empat, yang paling banyak melanggar itu tidak menggunakan saffety belt atau sabuk pengaman sebanyak 157, sedangkan diperingkat kedua ada 29 pengendara yang ditilang karena saat mengendara menggunakan Hp.

“Untuk kendaraan roda empat masih ada pengendara yang dibawah umur ada 12 pelanggar yang ditilang, dan lain-lain ada 24 pengendara ditilang,” katanya.

Kasat menambahkan, operasi zebra ditahun ini lebih baik dibanding tahun sebelumnya, karena menurutnya angka kecelakaan selama operasi zebra berkurang, yang mana pada tahun sebelumnya selama operasi zebra ada tiga kasus lakalantas, sedangkan ditahun ini ada satu kasus lakalantas.(era)

Editor : mahardika

linggau

Related Post

Leave a reply

Loading...