Home Sumsel Deru Harap Putri Sulungnya Dapat Tingkatkan Kegemaran Membaca Masyarakat

Deru Harap Putri Sulungnya Dapat Tingkatkan Kegemaran Membaca Masyarakat

KORDANEWS – Gubernur Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), H. Herman Deru mengharapkan dengan dipilihnya anak sulungnya yakni, Hj. Percha Leanpuri sebagai Duta literasi dapat turun ke lapangan mengajak masyarakat Sumsel untuk gemar membaca.

“Anak saya yang dipilih karena memiliki potensi ini dan bukan jadi komoditas politik. Karena ini untuk pengetahuan. Tentu ada alasan ilmu pengetahuan.  Percha harus jadi panutan bagi anak-anak di Sumsel untuk meningkatkan minat baca dengan cara harus fleksibel jangan memakai cara kaku atau dengan cara kasar itu tidak boleh,” harapnya, di kantor Dinas Perpustakaan, Selasa (27/11).

Tidak hanya itu, orang nomor satu di Sumsel ini, juga meminta Dinas Perpustakaan juga harus paling bertanggung jawab atas minat baca masyarakat. Selain itu, pihaknya juga menargetkan di taman-taman setiap kota dan desa akan ada taman bacaan.

“Taman bacaan di setiap desa ini akan kita alokasikan pendanaannya yang sesuai dan maksimal sehingga nanti pelayanannya bisa menampung keinginan masyarakat untuk ingin mendapatkan ilmu pengetahuan,” ujarnya.

Selain itu, Mantan Bupati Oku Timur dua periode ini juga mengajak pihak terkait untuk mencari tambahan data membaca lewat internet yang dapat di akses dari Smartphone.

Sementara itu, Duta Literasi Sumsel, Percha Leanpuri mengatakan, pihaknya akan membuat program ada gerakan Literasi di masing-masing sekolah supaya hak pemahaman Literasi ini tidak hanya di Provinsi tetapi sampai sekolah
dari tingkat Paud sampai Universitas.

“Nantinya saya ingin sekali mengundang anak anak dari Paud – Universitas gemar membaca di perpustakaan. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel harus memperhatikan ini sehingga anak-anak nantinya nyaman,” kata Percha.

Menurutnya, saat ini minat membaca masyarakat Sumsel sudah lumayan. Hal ini terbukti dari kunjungan di Dinas Perpustakaan Sumsel yang dalam sehari dikunjungi 200 orang.

Ditempat yang sama, Kepala Perpustakaan Sumsel, Mislena mengatakan, pihaknya menobatkan Percha Leanpuri sebagai Duta Literasi Sumsel untuk menjadi penggerak budaya baca di Sumsel sehingga anak-anak mencintai buku untuk menambah pengetahuan dan perekonomian.

“Kita menunjuk Duta Literasi kepada Percaha Lenapuri karena aktivitas dan ketokohannya yang begitu kuat di Sumsel dan nasional sehingga kami yakin beliau dapat menjadi penggerak budaya baca,  ddiharapkan dapat meningkatkan minat baca di Sumsel,” tukasnya. (Ab)

 

Editor: Janu

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here