Home Health 5 Penyakit Akibat Rokok

5 Penyakit Akibat Rokok

KORDANEWS – Sudah bukan rahasia lagi jika kebiasaan merokok membawa dampak negatif bagi tubuh seseorang. Ada berbagai macam gangguan kesehatan yang mengancam. Hal ini disebabkan kandungan rokok yang terdiri dari berbagai zat kimia dan sifatnya beracun bagi tubuh.

Salah satu permasalahan yang sering kali mengancam adalah masalah jantung. Organ vital tubuh ini sangat tidak cocok dengan rokok. Ada berbagai bahaya merokok untuk jantung yang bisa muncul. Apa saja? Segera cek 5 daftarnya di bawah ini!

Gangguan Jantung Koroner
Hal krusial yang muncul ketika seseorang secara aktif merokok adalah terjadinya gangguan jantung koroner. Pasalnya, rokok yang dihisap menyebabkan penebalan pada dinding arteri. Ukuran arteri yang menyempit pun berdampak pada kurangnya aliran darah serta suplai oksigen menuju jantung.

Hasilnya, nyeri dada dan sesak napas pun tak terhindarkan. Adapun akibat yang paling fatal yakni terjadinya hambatan total pada aliran darah menuju jantung.

Bau Mulut dan Tenggorokan
Selain itu, munculnya bau mulut serta noda pada gigi pun tak terhindarkan. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan tar di dalam rokok yang masuk ke dalam mulut. Gangguan pada gusi serta adanya rasa tidak enak yang muncul di tenggorokan pun akan jadi masalah akan hal ini.

Penyakit Lambung
Faktanya, gangguan pada tenggorokan akan berdampak organ tubuh lainnya yakni lambung. Pasalnya, zat-zat karsinogen atau senyawa yang mampu memicu munculnya kanker akan membuat lambung bergerak ke arah yang salah yakni naik ke kerongkongan.

Dampak dari hal inilah yang dikenal sebagai penyakit asam lambung atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD). Adapun risiko penyakit lambung lainnya yang bisa terjadi yakni tukak lambung hingga kanker lambung.

Masalah Paru-paru
Salah satu organ tubuh yang berhubungan dengan jantung yakni paru-paru. Ketika seseorang menjadi perokok aktif, maka permasalahan paru-paru pun tak dapat dihindarkan. Hal ini dikarenakan zat-zat kimia rokok yang berpotensi merusak paru-paru sehingga dapat berakhir dengan munculnya sel-sel kanker.

Tidak hanya masalah paru-paru, ada juga penyakit bronkitis, pneumonia, serta emfisema yang mengancam kesehatan seorang perokok.

Tingginya Kolesterol Jahat dan Tekanan Darah
Bahaya merokok untuk jantung juga berefek pada tingginya kolesterol jahat serta adanya tekanan darah tinggi pada tubuh. Meskipun keduanya bisa muncul karena riwayat keluarga, namun rokok mampu meningkatkan risiko gangguan kesehatan ini. Olehnya itu, ada baiknya jika kamu segera berhenti merokok,masih berani untuk mencoba Merokok!!(Ist)

Editor : J.wick

Tirto.ID
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here